Pusamania Borneo FC (PBFC) tampil luar biasa saat bertarung pada babak semifinal Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2016 di Stadion Segiri Samarinda, Kamis (3/10) malam.


Menghadapi dua tim dalam format trofeo, yakni Sriwijaya FC Palembang dan Surabaya United, PBFC keluar sebagai yang teratas dengan poin 5 hasil menang 3-0 atas Surabaya United dan menang penalti 4-2 atas Sriwijaya FC.


Dilaga pertama menghadapi Sriwijaya FC, PBFC sebenarnya sempat dikejutkan oleh gol cepat tim tamu lewat Alberto Gonzalves pada menit ke-5. Tersentak dengan gol tersebut, skuad Pesut Etam gencar melakukan serangan balasan.


Hasilnya, pada menit ke-33 lewat tendangan bebas langsung, Sultan Samma sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Laga ini pun berakhir imbang dan terpaksa dilalui lewat babak penalti. Dalam adu tos-tosan ini, PBFC lebih beruntung. Kesigapan Yoo Jae Hoon dibawah mistar gawang PBFC, membuat Sriwijaya FC takluk 4-2.


Dilaga selanjutnya, melawan Surabaya United, PBFC tampil lebih percaya diri. Hal ini berbanding terbalik dengan Surabaya United yang pada laga sebelumnya kalah dalam adu penalti atas Sriwijaya FC 7-6 (1-1), mereka justru tampil dalam tekanan saat bertemu PBFC.


Alhasil, skuad Pesut Etam lewat kaki Arpani pada menit ke-4, Edilson Tavarez pada menit ke-7 dan Terens Owang Puhiri pada menit ke-30 menyudahi laga dengan kemenangan telak 3-0. PBFC pun memastikan tempat di babak final PGK menantang Madura United, pada Minggu (13/3) mendatang di Stadion Palaran Samarinda. Selamat Guys! (AHS)