Jelang kompetisi Indonesia Soccer Championshiop (ISC) A 2016, pertengahan April nanti, Pusamania Borneo FC (PBFC) bergerak cepat dengan mempertahankan mayoritas pemainnya yang berlaga di Piala Jenderal Sudirman, Piala Gubernur Kaltim dan Piala Bhayangkara.

Meski beberapa nama pilar memastikan cabut dari skuad Pesut Etam, langkah antisipasi dilakukan tim juara Liga Indonesia Divisi Utama 2014 itu dengan mendatangka sejumlah amunisi baru.


Diantaranya Awang Setho Raharjo (Kiper), Saeful Anwar (Belakang), Alfin Tuasalamony (Tengah), Aditya Putra Dewa (Tengah), Jefri Kurniawan (Tengah) dan Fernando Thomas (Depan). Nama terakhir bahkan menjadi proyeksi jangka panjang skuad Pesut Etam terhadap potensial pemain muda. Hal ini sesuai dengan program yang sudah digadang sejak PBFC berlaga di Divisi Utama 2014 silam.


"Itu Fernando Thomas lulusan dari timnas U-17, ini melengkapi sederet pemain muda yang akan kita daftarkan, sebelumnya ada nama Nadeo (Argawinata), Gianluca (Pandeynuwu), Terens (Puhiri), Arpani, Rival (Lostari), Mubarak (Ghasim) dan Wahyudi (Hamisi). Saya juga mau kasih satu slot untuk pemain junior dari Nahusam Academy yang kita naikkan ke senior," urai Nabil, Pemilik PBFC.


Beberapa nama pemain sarat pengalaman seperti Ponaryo Astaman, Diego Michiels, Sultan Samma dan Leonard Tupahamu juga masih dipercaya menjadi bagian skuad Pesut Etam. Untuk sektor pemain asing, PBFC memastikan dua tempat untuk Edilson Tavarez dan Tarik Boschetti. Disisi lain, perburuan terhadap dua slot tersisa disektor asing, masih menunggu keputusan dalam beberapa hari kedepan.


"Beberapa nama (pemain asing) sudah ada kami kantongi, dalam waktu dekat nanti saya umumkan, dan bisa juga tambah pemain lokal lagi sesuai kebutuhan dari pelatih, sambil jalan sajalah," papar Nabil. (AHS)