Pekan ke-10 Torabika Soccer Championship (TSC) A mempertemukan Pusamania Borneo FC (PBFC) melawan Persipura Jayapura yang dihelat di Stadion Segiri, Samarinda, Jumat (15/7/2016), berakhir anti klimaks bagi tuan rumah.


Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, Pesut Etam gagal memberikan performa terbaik. Tim tamu justru tampil trengginas dan menang dengan skor 3-0.


Kedua tim langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal laga. Namun peluang pertama didapat Tim Mutiara Hitam di menit sembilan melalui tembakan keras Pahabol dari sisi kiri, sayang tendangannya masih melayang di atas mistar.


Hanya berjalan empat menit, Persipura kembali mengancam gawang PBFC. Sodoran Tahir, diteruskan Boakay lewat sebuah tembakan. Beruntung, Dian Agus bisa menepisnya.


Jual beli serangan di babak pertama, tak kunjung memecah kebuntuan. Dengan tambahan dua menit, skor kacamata menjadi hasil di 45 menit pertama.


Persipura sukses mencetak gol pertama di menit 67. Riky Kayame mencatatkan namanya di papan skor memanfaatkan kemelut di depan gawang. Sepakan kaki kanannya mengoyak jala gawang Dian Agus. Sebenarnya PBFC berkesempatan menyamakan kedudukan empat menit kemudian dari titik putih, sayang eksekusi Pedro melebar.


"Saya harus tanggung jawab, jika penalti saya masuk mungkin hasil akan beda dan besok (hari ini) di koran bukan kekalahan yang akan dibahas, bisa jadi yang ditulis PBFC menang lagi," ujar Pedro.


Gol kedua datang di menit 74. Kini giliran Boakay yang mencatatkan namanya di papan skor. Untuk menambah keunggulan, Persipura hanya perlu delapan menit. Dengan skill tembakan kaki kiri yang mumpuni, Pahabol menambah keunggulan menjadi 3-0.


Ini menjadi kekalahan pertama skuad Pesut Etam sejak tiga tahun silam dari medio 2014an di Stadion Segiri. "Kita bermain tidak bagus pada babak pertama. Dan di babak kedua kita bisa memperbaiki. Jika penalti masuk, mungkin hasil akhir bisa berbeda. Kekalahan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya," terang pelatih PBFC, Dragan Djukanovic.


Dengan hasil ini, PBFC, berada di peringkat lima klasemen sementara dengan 15 poin. Sedangkan, Persipura naik ke peringkat tiga, dari posisi sebelumnya di tempat kelima, dengan poin 18. (VNC/AHS)