Pusamania Borneo FC (PBFC) menyambut baik rencana digelarnya kembali turnamen Piala Gubernur Kalimantan Timur. Menurut kabar dari panitia PGK 2016 lalu, PGK kemungkinan digelar pada awal Tahun 2017 mendatang.


Pernyataan dari PBFC itu langsung disampaikan Presiden klub, Nabil Husein Said Amin. Menurut Nabil, PGK bisa dijadikan ajang pemanasan tim-tim ISL karena kemungkinan besar musim kompetisi baru akan dilaksanakan bulan Maret atau April 2017.


Di turnamen PGK 2016, Pesut Etam sukses menyabet juara setelah di final mengalahkan Madura United dengan skor 1-0 di Stadion Palaran, 13 Maret yang lalu. "Sebagai juara bertahan tentu kami siap berpartisipasi lagi. Ini agenda yang sangat bagus karena bertepatan dengan jadwal pra musim," kata Nabil Husein (7/9).


Nabil menilai turnamen yang diikuti 11 tim itu berjalan dengan baik meski ada beberapa hal yang masih perlu pembenahan. Yang pasti, kata Nabil perhelatan PGK sangat bagus untuk menunjukan kesiapan Samarinda jika dipakai even Nasional.


"Overall, kemarin cukup bagus. Tinggal dibenahi saja beberapa kekurangan. Publik sepak bola Samarinda pasti senang jika event berskala nasional kembali diputar di bumi etam," ujarnya.


Nabil berharap untuk perhelatan PGK mendatang, panitia sebaiknha melakukan persiapan jauh-jauh hari supaya tim-tim besar lainnya bisa berpartisipasi. Di PGK yang lalu, dua tim besar yakni Persib Bandung dan Persija Jakarta absen.


"Semoga lebih banyak klub besar yang berpartisipasi dan sehubung sekarang sepak bola kita sudah tidak dalam masa hukuman FIFA, mungkin juga bisa undang klub negara tetangga. Ini akan membuat turnamen lebih bergengsi lagi," pungkasnya. (PPE/AHS/DAR/RZA/*)