Skuad Pesut Etam menuai torehan manis dalam dua laga terakhir pada awal putaran kedua Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, saat kandaskan perlawanan Bali United dan Persiba Balikpapan. Tak tanggung-tanggung, dalam dua laga tersebut, mereka menang tanpa sekalipun kebobolan.


Sempat dibuat cemas, sepeninggal Jad Noureddine yang dibekap cedera, pilar lini belakang Pesut Etam diemban Leonard Tupamahu dan Firly Apriansyah. Hasilnya, pertahanan PBFC pun tampil menawan.


Komunikasi yang baik antar lini, serta munculnya ikatan emosional antar sesama pemain saat mengawal daerah pertahanan menjadi nilai lebih, hal itu diutarakan pemain kawakan, Leonard Tupamahu.


"Intinya harus komunikasi terus. Saling mengingatkan supaya organisasinya di lini belakang cakep, kalau kata anak-anak sekarang terjalim chemistry yang baik, buat saya itu penting," sahut Leo, disela-sela latihan tim, Rabu (21/9) sore di Stadion Segiri Samarinda.


"Ya puji tuhan, semua pemain dari pemain depan mau ambil tanggung jawab buat bertahan, jadi jujur aja itu bantu pemain belakang juga," tambahnya lagi.


Namun, tren positif di putaran kedua ini menurut Leo, tetap harus disikapi bijak, tanpa berpuas diri secara berlebihan. "Ya kita setiap pemain harus terus fokus, tetap rendah hati dan menikmati setiap proses persiapannya," urai pemilik nomor punggung 32 itu.


Pujian juga diberikan Leo terhadap dukung penuh Pusamania Fans kepada penggawa Pesut Etam. Ia pun berharap dukungan ini akan selalu ada kapanpun dimanapun PBFC berlaga.


"Sangat menghargai sekali dukungan Pusamania. Berharap Pusamania lebih militan dan makin banyak lagi dalam mendukung PBFC di setiap laga kandang atupun tandang. Karena kehadirannya di stadion penting buat PBFC," pungkas Leonard. (SAN/AHS)