Tekad Pusamania Borneo FC (PBFC) merangsek ke papan atas klasemen Torabika Soccer Championship 2016 harus menemui rintangan berat. Di pekan ke-21, skuad Pesut Etam dijadwalkan menjamu pemuncak klasemen Laskar Sappeh Kerab, Madura United di Stadion Segiri, Samarinda, Jumat (30/9).


Meski begitu, Pesut Etam, julukan PBFC, tetap menargetkan diri meraih poin sempurna. Untuk mewujudkannya, Dragan Djukanovic, sang pelatih, meminta para pemainnya untuk tampil agresif seperti halnya saat meraup poin penuh kala dijamu Persiba Balikpapan di laga terakhirnya.


"Pemain harus tampil lebih agresif. Mereka harus lebih peka dan berkonsentrasi ketika berhadapan dengan pemainlawan. Saya yakin anak-anak akan menguasai jalannya pertandingan seperti pertandingan sebelumnya melawan Persiba Balikpapan," ujar Dragan Djukanovic.


Namun, Dragan Djukanovic pun sadar dan paham tekadnya meraih kemenangan atas Madura United tidak akan mudah diwujudkan sekalipun bakal bermain di depan pendukungnya sendiri. Sebab, menurut Dragan Djukanovic, skuat Madura United dihuni pemain-pemain hebat.


"Mereka tim yang berkualitas dan tidak bisa ditebak. Banyak pemain-pemain hebat di sana yang wajib kami waspadai,” kata pelatih asal Montenegro itu.


Di laga melawan Madura United, PBFC sendiri bakal kembali diperkuat playmaker mereka yang telah menciptakan 5 assist dan 3 gol, Edilson Tavares. Ia dipastikan bisa kembali diandalkan usai terganjal sanksi akumulasi kartu kuning di laga sebelumnya.


Kepercayaan diri pasukan Pesut Etam pun tengah melambung usai memenangi Derby Kalimantan Timur kontra Persiba Balikpapan. Main di depan pendukung tim lawan, Pusamania Borneo FC menang 1-0 berkat gol Lerby Eliandry.


Sayangnya, bek tangguh Pusamania Borneo FC, Jad Noureddine, masih akan absen saat meladeni tantangan Madura United. Bek asal Lebanon itu masih berada dalam masa pemulihan dari cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL). Misi balas dendam atas Laskar Sape Kerrab, juga menjadi diusung juara Divisi Utama 2014 Liga Indonesia itu. Ya, pada putaran pertama lalu, PBFC kalah 1-2 dari Madura United yang tampil di bawah dukungan pendukungnya.


Saat ini, PBFC berada di posisi 7 klasemen dengan perolehan 29 poin dari 19 laga yang sudah dilalui. Pundi-pundi poin Pesut Etam itu sama dengan milik Mitra Kutai Kartanegara yang duduk di peringkat 6 karena unggul head to head. (ISC)