Kabar membanggakan datang dari negeri Jiran, Malaysia. Ya, perjuangan tim nasional U-12 yang diwakili SBAI (Sepak Bola Anak Indonesia) pada ajang Borneo Internasional Youth Cup 2016, berakhir sebagai finalis.


Meski pada laga puncak di Stadion Likis Kinibalu, Sabah, Sabtu (1/10) sore mereka kalah 1-0 atas tuan rumah Malaysia, namun kerja keras penggawa Garuda Muda patut di apresiasi.


Terlebih dalam skuad timnas SBAI U-12, terdapat tiga pemain jebolan Akademi Nahusam (PBFC U-12) yakni Ahmad Zaini Mubarak, Muhammad Alfito Bintang dan Muhammad Keanu Haekal.


Pujian pun dilontarkan Presiden PBFC, Nabil Husein Said Amin. Menurutnya keberhasilan anak Samarinda membawa Indonesia keluar sebagai juara 2 di ajang internasional adalah hal yang membanggakan.


"Saya ingin lihat lagi lebih banyak anak Samarinda yang bisa berlaga di pentas internasional. Semoga kita terus komitmen mengantar mimpi anak Samarinda membuat bangga Indonesia dan Samarinda," urai Nabil.


Seperti diketahui, perjuangan timnas U-12 lolos ke babak pamungkas dilalui dengan proses menebarkan. Berstatus sebagai runner-up grup pada babak penyisihan, mereka menang versus Laos 1-0, imbang lawan Malaysia 1-1 dan imbang lagi melawan Australia 1-1.


Kehebatan mereka kembali diperlihatkan pada babak semifinal, Jumat (30/9) sore. Melawan Filipina mereka lolos ke final berkat kemenangan dramatis melalui adu penalti, sebelum akhirnya kalah 1-0 di laga pamungkas dari tuan rumah.


"Kecewa sih gagal juara, tapi masuk final dan bawa nama Indonesia juara 2 itu juga patut disyukuri, kami sudah berjuang maksimal, semoga kedepannya kami bisa juara," tutur Alfito Bintang diamini Ahmad Zaini dan Kaenu Haekal, melalui telepon seusai berlaga di final. (AHS/*)