Tak ingin banyak membuang waktu jelang laga melawan Bhayangkara FC, Pusamania Borneo FC (PBFC) langsung tancap gas.


Untuk itu, Senin sore (10/3) kemarin skuad Pesut Etam tampak berlatih serius di Stadion Segiri. Sebelum berlatih, Ponaryo Astaman dan kawan-kawan terlebih dahulu melakukan class room.


Dalam ruangan tersebut, penggawa PBFC menyaksikan secara detail permainan mereka melalui video pertandingan saat ditahan imbang pimpinan klasemen sementara ISC A 2016, Madura United di Stadion Segiri Samarinda, Jumat (30/9) lalu.


"Itu sudah jadi kebiasaan, kami selalu melakukan evaluasi dari pertandingan sebelumnya dengan menyaksikan video pertandingan, class room dilakukan baik itu dilaga tandang maupun kandang, tujuannya agar pesan dari pelatih bisa dengan jelas diterima para pemain," terang asisten manajer PBFC, Farid Abubakar.


Disisi lain, Selasa sore (4/10) ini, skuad Pesut Etam akan bertolak ke ibukota Jawa Timur, Surabaya. Bertolak pukul 11.00 dari Samarinda menuju Bandara Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, pada pukul 15.50 WITA mereka dijadwalkan terbang ke Surabaya.


Dalam lawatan kali ini, mereka membawa 20 pemain. Pada laga tersebut, PBFC menargetkan kemenangan di markas klub bentukkan polisi itu. "Tidak ada istilah mengalah, kami datang untuk menang, bukan jalan-jalan," sahut Farid lagi.


Menariknya, dalam daftar pemain yang diboyong tak ada nama Jefri Kurniawan dan Lerby Eliandri. Dikonfirmasi terkait ini, Farid menerangkan keduanya memang sengaja tak disertakan, karena mendapat panggilan untuk bergabung dalam TC timnas Indonesia, jelang laga melawan Vietnam di Stadion Maguwoharjo Sleman, tanggal 9 Oktober mendatang.


"Iya benar, keduanya (Jefri Kurniawan dan Lerby Eliandri) dapat panggilan timnas untuk laga ujicoba lawan Vietnam di Sleman, jadi mereka tidak dibawa dalam tur ke markas Bhayangkara FC," tambahnya lagi.


Sebagai gantinya, pelatih PBFC asal Montenegro, Dragan Djukanovic, menyertakan dua pemain junior mereka, yakni Aimar Ohorella dan Rifal Lastori. Nama terakhir bahkan diketahui dalam performa terbaik usai tampil apik dalam ISC U-21 Grup 3 di Makassar beberapa waktu lalu. (AHS)