Pusamania Borneo FC (PBFC) sukses meraih kemenangan dalam laga bertajuk Derby Mahakam menghadapi saudara serumpunnya, Mitra Kukar di Stadion Segiri Samarinda, Rabu (12/10).


Duel penuh gengsi pada lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 ini diwarnai sajian lima gol.


Kemenangan 3-2 skuad Pesut Etam ini cukup berarti bagi tim ibukota Kalimantan Timur itu, untuk mendongkrak posisi di klasemen. Dan terpenting, hasil ini sekaligus membalas kekalahan (2-3) yang mereka alami pada putaran pertama lalu di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kutai Kartanegara.


Jalannya laga pun berlangsung seru, bermain di hadapan ribuan pendukungnya, sejak menit awal tim asuhan Dragan Djukanovic tampil agresif dan mampu unggul 1-0 pada menit ke-17 melalui aksi Terens Puhiri.


Tertinggal, Mitra Kukar berupaya bangkit. Berusaha keras mengimbangi tekanan tuan rumah, pada menit ke-34 lewat penyerang asal Brasil, Marlon Da Silva, mereka sukses menyamakan skor menjadi 1-1.


Namun skor imbang itu hanya bertahan selama satu menit, adalah Lerby Eliandri yang mampu membawa PBFC kembali memimpin 2-1 lewat sundulan kepalanya memanfaatkan umpan Terens Puhiri. 2-1 Pesut Etam unggul.


Memasuki babak kedua, tuan rumah PBFC kembali bermain agresif dan hasilnya pada menit ke-55 berhasil melebarkan jarak keunggulan menjadi 3-1 melalui tandukkan Jad Noureddinne memanfaatkan umpan sepak pojok Flavio Beck Junior.


Namun, Mitra Kukar belum menyerah. Mereka tetap berusaha mengejar ketinggalan. Tim besutan Jafri Sastra itu akhirnya mampu memperkecil skor lewat tendangan jarak jauh dan terukur Victor Herrero Forcada pada menit ke-71.


Selama sisa waktu pertandingan, kedua tim saling bergantian melakukan serangan, tetapi hingga wasit Thoriq Alkatiri meniup peluit akhir tidak ada lagi gol yang tercipta dan PBFC memenuhi ambisi mengamankan tiga poin kandang.


Pada pertandingan itu, wasit Thoriq mengeluarkan lima kartu kuning, masing-masing tiga untuk pemain PBFC yakni Flavio Beck Junior, Diego Michel dan Ricki Akbar Ohorella. Sedangkan dua kartu lainnya untuk pemain Mitra Kukar, Michael Yansen Orah dan Asri Akbar. (AHS/FAC/RZA/*)