FIFA FIFPro World XI Award kembali digelar pada tahun 2016 ini. Seperti tahun sebelumnya, kali ini para penggawa Pusamania Borneo FC (PBFC) juga mendapat kesempatan memilih.


Menariknya, dalam menentukan pemain terbaik versi mereka, dua kiper PBFC Muhammad Ridho dan Nadeo Argawinata berbeda pendapat.



Ridho condong memilih kiper kawakan, Gianlugi Buffon sebagai yang terbaik di dunia. Sedangkan, Nadeo Argawinata dengan bangga memilih penjaga gawang Manchester United, David De Gea.


"Saya pasti pilih Buffon, dari dulu sejak masih kecil, kalau pun ada Peter Schmeichel, saya pasti pilih dia. Tapi karena sudah pensiun saya pilih Buffon karena dia makin tua makin jadi," ujar Ridho. "Kalau goalkeeper, sudah pasti saya pilih De Gea. Saya pilih dia karena dia kiper idola saya," timpal Nadeo.


Seperti diketahui, Federasi Internasional Asosiasi Pesepak Bola Profesional (FIFpro) sejak 2005 telah menyelenggarakan FIFA FIFPro World XI. Setiap tahun sebelas pemain dari skuad elit terpilih akan menerima penghargaan.


"Dalam prosesnya, semua pemain sepak bola profesional di dunia diundang untuk menyusun tim terbaik. Dan ini merupakan tahun kedua PBFC juga ikut berpartisipasi dalam memilih," terang Ponaryo, kapten PBFC.


Ponaryo yang juga Presiden Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) menerangkan kegiatan ini merupakan agenda tahunan FIFPro yang melibatkan 55 asosiasi pemain nasional di seluruh negara dengan jumlah 65.000 pemain sepak bola profesional.
"Untuk di Indonesia, hampir seluruh pemain pro kami koordinir untuk ikut vote. Setelah proses voting selesai, bulan Desember mendatang hasilkan akan diumumkan," sahut Popon.


Pada FIFA FIFPro World XI Award 2015 lalu, nama Manuel Neuer, Thiago Silva, Marcelo, Sergio Ramos, Dani Alves, Andrés Iniesta, Luka Modric, Paul Pogba, Lionel Messi, Neymar Jr dan Cristiano Ronaldo terpilih sebagai pemain terpopuler di kalangan pemain sepak bola profesional dunia.


Bagi Cristian Ronaldo, Sergio Ramos, Thiago Silva, Andres Iniesta dan Manuel Neuer jika kembali terpilih pada World XI Award 2016 nanti, ini merupakan penghargaan ketiga secara berturut-turut, pasalnya pada 2014 diajang yang sama mereka masuk dalam sebelas pemain terbaik pilihan para pemain sepak bola profesional diseluruh Dunia.


"Voting dilakukan kepada siapapun pemain sepak bola terbaik di dunia. Namun sejauh ini, seingat saya belum ada pemain dari benua Asia yang terpilih," pungkas pemilik gol terbaik di Piala Asia 2000 itu. (AHS)