Perjalanan panjang nan melelahkan menuju Jayapura yang ditempuh Pusamania Borneo FC (PBFC) terasa sirna saat skuad Pesut Etam mendarat di Pulau Cenderawasih, Kamis (3/11).


Pemandangan yang eksotis membuat anak asuh Dragan Djukanovic larut dalam keceriaan. Hamparan laut biru yang mengiringi perjalanan mereka dari bandara menuju hotel dirasa tak melelahkan.


"Pulau yang indah, pantai juga bagus-bagus. Keindahan Papua memang kelas," sahut pelatih kepala PBFC asal Montenegro, Dragan Djukanovic.


Terlebih, saat tiba di Kota Jayapura, tim tak langsung beristirahat di Hotel Tirta Mandala. Mereka justru menuju Stadion Mandala guna melihat perjuangan Pesut Etam Muda saat meraih kemenangan 3-0 atas Beruang Muda, Persiba Balikpapan pada ajang ISC U-21 Grup 3.


Pada malam harinya, skuad Pesut Etam mendapat sambutan makan malam disebuah restoran. Ialah Gerald Pangkali yang punya jamuan. Sebagai pemain yang berasal dari Papua, kedatangan PBFC jelas tak ingin dilewatkannya begitu saja.


"Saya memang rencana untuk bikin ini (jamuan makan malam), sudah normal bagi tuan rumah untuk menjamu teman-teman yang datang dari jauh," terang Gerald.


Disisi lain, Farid Abubakar, asisten manajer PBFC, menerangkan saat ini timnya dalam kondisi prima. Minus dua pemain yang terkena akumulasi kartu (Jad Noureddine dan Gerald Pangkali), seluruh pemain dipastikan siap tempur.


"Termasuk pemain yang dikabarkan latihan terpisah karena cedera dan kelelahan, sudah oke semua. Untuk latihan resmi, kita akan berlatih Jumat pagi pukul 09.00 di Stadion Mandala. Besar harapan saya, kondisi tim tetap begini, dan semoga kita bisa menampilkan permainan yang bagus dan berakhir dengan kemenangan," pungkas Farid. (AHS)