Perjuangan penggawa Pesut Etam jelang berakhirnya kompetisi benar-benar berat. Sebab saat ini banyak pemain mengalami masalah dengan kondisinya.


Hal ini imbas padatnya jadwal pertandingan. Seperti diketahui, usai melakoni laga melawan Arema di Stadion Segiri, pada 11 Desember lalu, tiga hari kemudian Pusamania Borneo FC (PBFC) melakoni laga tandang melawan Persib Bandung (14/12).


Dan Kamis sorenya, skuad Pesut Etam sudah berada di Palembang guna melakoni laga akhir Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 melawan tuan rumah Sriwijaya FC. Perjalanan yang panjang ini memaksa kondisi pemain kelelahan. Itulah sebab, saat bertemu Persib, Dragan Djukanovic mengistirahatkan Terens Puhiri dan Ponaryo Astaman di bangku cadangan.


Fisiotrapis PBFC, Lutfi Nanda Amary mengatakan saat ini secara keseluruhan kondisi pemain memang dalam kondisi kelelahan. Namun untuk Terens Puhiri yang absen melawan Persib, kemungkinan besar bisa dimainkan lawan Sriwijaya FC.


"Kalau mau mengejar kondisi Terens samapi 100 persen, saya pastikan sudah tak bisa lagi musim ini. Namun kondisinya sudah membaik dan kemungkinan bisa bermain melawan Sriwijaya FC. Tapi apakah Terens memulai pertandingan sebagai starter atau tidak, akan dilihat sampai jelang pertandingan," ujar Lutfi.


Kapten tim, Ponaryo Astaman juga menurut Lutfi kondisinya juga sudah membaik. Jika dipresentasikan, kebugaran Popon sudah mencapai 60 persen. "Tapi Ponaryo Astaman posisinua adalah pemutus serangan lawan. Jadi dia harus benar-benar bagus kondisinya untuk dimainkan. Sebagai gelandang bertahan, Ponaryo bakal sering berbenturan. Makanya dia belum bisa dipastikan apakah bisa bermain atau tidak di laga terakhir nanti," ujarnya lagi.


Terlepas dari dua pemain lokal ini, Lutfi juga menyebutkan dua pemain asing mengalami masalah. Edilson Tavarez mengalami masalah di bagian pangkal pahanya. Sementara, Flavio Beck Junior juga bermasalah di bagian otot perut. Yang pasti semua pemain kelelahan saat ini," tegasnya.


Terpisah asisten manajer Farid Abubakar mengaku tim akan sangat siap bertanding melawan Sriwijaya FC. Pertandingan terakhir ujarnya, harus diakhiri dengan poin penuh. "Kita akan memberkan poin untuk suporter kita di Samarinda. Semoga di pertandingan nanti target kita bisa tercapai," katanya singkat. (SP/*)