Jelang bergulirnya Indonesia Super League (ISL) 2017, dalam beberapa hari terakhir, Pusamania Borneo FC disangkut pautkan dengan salahsatu eks bintang Liga Premier Inggris dalam hal perburuan pemain.


Kabar itu menjadi viral di kalangan penikmat sepak bola Indonesia, setelah surat kabar cetak dan elektronik beramai-ramai memberikan kabar tersebut. Seperti diketahui, Nabil Husein Said Amin selaku presiden klub disebut tengah mendekati salahsatu mantan pemain Chelsea.


Dikonfirmasi terkait hal itu, Nabil menerangkan dirinya memang berkeinginan mendatangkan pemain bintang Liga Eropa ke Samarinda. Niatan itu sudah sejak lama dirinya pendam, bahkan saat Pesut Etam masih berlaga di pentas Divisi Utama 2014.


Namun, lebih lanjut diterangkannya, untuk ISL 2017 ini hal itu sepertinya sulit terwujub. Pasalnya, kondisi ekonomi yang pasang surut membuat dirinya harus berhemat dalam hal belanja pemain. "Sejauh ini saya belum ada bilang sudah deal dengan pemain tersebut, yang benar saya ditawari eks pemain Liga Inggris oleh salahsatu agen, katanya dia pernah main di Chelsea dan juga main di Serie A sama AC Milan," urai Nabil menjelaskan.


Meski demikian, Nabil tak menapik jika suatu saat pihaknya bakal mendatangkan eks pemain bintang dunia ke ibukota Kalimantan Timur. Dengan catatan, finansial klub mengalami surplus dalam beberapa musim kedepan.


"Nantilah kita pikir-pikir lagi. Yang jelas, kalau untuk musim ini sepertinya itu tidak mungkin. Karena badget untuk mendatangkan satu pemain dari sana itu setara dengan membiayai satu tim di Liga Indonesia," paparnya lagi.


Disisi lain, minimnya pemasukkan laga kandang di Stadion Segiri Samarinda, saat turnamen jangka panjang bertajuk Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 tahun lalu, juga menjadi salahsatu kendala.


"Selain uang pribadi dan bantuan dari sponsor, hal yang paling membantu finansial klub datang dari tiket penonton, jika saja tiap pertandingan kandang (di Stadion Segiri) bisa dapat Rp300-500 juta, musim depannya saya yakin bakal banyak pemain bintang di tim ini dan tentu akan semakin membuat kuat tim," pungkas Nabil.


Seperti diketahui, Borneo FC berada di posisi 14 dalam hal akupansi jumlah penonton atau setara 30,30 % dalam 17 laga dihitung dari jumlah kapasitas stadion sebesar 18 ribu. Meski demikian, dalam hal rating tv, Borneo FC menjadi teratas di banding klub-klub lain di Indonesia Timur. (AHS)