Tiga klub penuh sejarah, Persib Bandung, Persija Jakarta dan Arema FC menjadi tiga tim teratas dalam hal TV Rating pada gelaran Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. Lantas, berada di posisi berapakah Pusamania Borneo FC?


Klub asal Samarinda itu rupanya nangkring di posisi 8 dengan rating total sebesar 42,6 dengan share total 252,3. Torehan ini membuat klub berjuluk Pesut Etam menjadi tim teratas di Indonesia timur, mengalahkan PSM Makassar dan juara ISC A 2016, Persipura Jayapura.


"Kami senang karena sejak putaran pertama hingga akhir ISC A, TV Rating kita selalu teratas di Indonesia Timur, ini artinya banyak orang yang ingin melihat kita bertanding, tak hanya di Samarinda tapi juga di daerah lain," urai Presiden Klub, Nabil Husein Sadi Amin.


Ya, seperti diketahui dua tim Kaltim lainnya, yakni Mitra Kukar hanya mampu berada di peringkat 10 dan Persiba Balikpapan di peringkat 15. Selain itu, Bali United, Barito Putera dan Perseru Serui yang juga mewakili klub bagian Indonesia wilayah timur terlempar dari daftar 10 besar tim teratas.


Dengan pencapaian ini, Nabil berharap akan berimbas terhadap jumlah kehadiran penonton di Stadion Segiri untuk ISL 2017 mendatang. "Memang merosotnya jumlah penonton di ISC tak hanya terjadi di Samarinda, hampir semua klub mengeluhkan hal yang sama. Untuk itu di ISL 2017 besar harapan saya laga kandang kembali dibanjiri penonton, karena kami memerlukan dukungan itu," pungkasnya. (AHS)