Rekrutan anyar Pusamania Borneo FC, Kim Yong-Tae terlihat semrigah usai melakukan tanda tangan kontrak pada Senin (23/1) pagi di Kantor Nahusam Pratama Indonesia, Komplek Stadion Segiri Samarinda.


Ya, setelah memiliki 217 pertandingan di Liga Korea, pemain berusia 32 tahun itu bakal mengawali perjalanan karir internasional pertamanya di Indonesia.


"Saya senang bisa bermain di klub ini, saya akan memberikan kemampuan terbaik saya dan segera untuk beradaptasi dengan tim," sahut pemain yang pernah membawa Ulsan Hyundai menjadi juara Liga Champions Asia 2012 itu.


Dirinya pun mengaku kaget dengan atmosfer sepak bola Indonesia. Menurutnya, orang Indonesia begitu menyukai sepak bola. Hal itu dirasakannya ketika tiba di Samarinda. "Saya tidak menyangka mendapat sambutan seperti ini, mulai presiden klub, manajemen dan suporter sangat luar biasa," tambah pemain bertinggi 171 cm itu.


Disisi lain, Kim pada Senin sore tampak menyertai latihan yang digelar PBFC. Memakai jersey bernomor 7, dia hanya berlatih ringan dan belum bergabung secara penuh dalam latihan tim, Kim tampak berusaha beradaptasi dengan rekan setim mereka. "Selama 12 tahun aku bermain sepak bola, semoga ini akan menjadi pengalaman menarikku," pungkas Kim. (AHS)