Sosok Zoran Banovic diastikan bakal menjadi pelatih anyar Pusamania Borneo FC (PBFC) untuk Liga 1 (ISL) 2017. Pelatih berusia 39 tahun itu didatangkan dari negara Montenegro.


Sebelum menjadi pelatih, dirinya pernah menjadi kiper timnas Serbia dan Montenegro pada tahun 2002. Iapun pernah bermain disejumlah klub ternama di Eropa, diantaranya Red Star Belgrade.


Ditanya perihal tanggapannya melatih PBFC, pria yang akrab disapa Bana itu mengaku senang. Dia menilai penjaga gawang muda PBFC saat ini potensial. "Mereka masih muda dan mereka bagus-bagus," ungkap Bana.


Dalam latihan di Stadion Segiri Samarinda, Sabtu (28/1) sore, Bana memberikan cara latihan sepak bola modern kepada anak asuhnya. Hal ini lumrah dilakukan dalam sepak bola modern di Eropa. Alhasil Muhammad Ridho dan kawan-kawan dituntut bisa membaca serta melakukan passing yang benar demi menunjang permainan tim. "Hanya saja mereka masih terkendala fisik, tapi kedepannya saya sudah punya program untuk mereka, saya optimis mereka bakal semakin membaik," tambah Bana.


Disisi lain, manajer tim Farid Abubakar mengatakan kedatangan Bana sebagai pelatih anyar PBFC atas rekomendasi dari pelatih kepala, Dragan Djukanovic. "Setelah melihat dari video dan data pribadinya, manajemen memutuskan untuk mendatangkan dia, kami harap dia bisa meningkatkan kualitas kiper-kiper kita," ujarnya.


Senada, kiper muda PBFC, Nadeo Argawinata juga buka suara. Meski langsung digenjot taktik disertai fisik diawal pertemuan, dia menilai cara melatih Zoran Banovic membuatnya semakin bersemangat. "Tidak salah pilih, ini pelatih top, saya semakin terpacu untuk berlatih dengannya," sahut Nadeo. (AHS)