Semenjak, dilatih eks penjaga gawang timnas Serbia-Montenegro, Zoran Banovic. Ada yang berbeda dari latihan kiper Pusamania Borneo FC (PBFC).


Ya, kali ini kiper PBFC harus mengeluarkan tenaga ekstra saat berlatih. Pasalnya Zoran Banovic tak hanya melatih refleks anak asuhnya. Namun juga stamina, kecepatan, dan ketepatan posisi dalam membaca arah bola.


Kendati latihan kali ini lebih berat dari sebelumnya, Dua kiper muda PBFC, Muhammad Ridho dan Nadeo Argawinata tak mau mengeluh. Justru keduanya mengaku senang bisa melahap pola latihan dari pelatih yang akrab disapa Bana itu.


Menurut Ridho, Bana memberi metode latihan baru yang lebih modern dan efektif. "Lumayan latihannya ini, lebih berat dari sebelumnya. Tapi pelatih memberikan beberapa pola latihan baru. Saya harus banyak belajar," ucap kiper asal Pekalongan, Jawa Tengah ini.


Ridho memuji sikap sosok Bana yang langsung akrab dengan pemain meskipun baru melatihnya beberapa hari. Ia bahkan optimis di bawah arahan Bana, bisa menjadi kiper bagus. "Pola yang diberikan sangat bagus dan banyak manfaatnya. Latihan keras dan disiplin tentu akan terbayarkan di lapangan," katanya.


Hal senada juga disampaikan Nadeo. Mantan kiper timnas U-19 Indonesia ini mengungkapkan kekagumannya pada sosok Zoran Banovic yang disiplin menggembleng anak asuhnya. "Pelatih ini sangat bagus, disiplin, dan banyak ilmu yang diberikan. Semua teknik kiper diberikannya. Saya harus adaptasi dengan pola latihannya," papar Nadeo. (AHS/*)