Sejak kumpul pada pertengahan Januari 2017 lalu, Pusamania Borneo FC (PBFC) masih bergelut dengan latihan fisik. Bahkan, terhitung baru sekali ujicoba yang digelar, yakni saat menang 1-0 melawan PBFC II, 2 Februari lalu di Stadion Segiri Samarinda.


Tingginya intensitas latihan fisik ini, rupanya berimbas terhadap kondisi kesehatan para pemain. Beberapa diantaranya bahkan jatuh sakit. Diantaranya Okto Maniani terserang gejala DBD dan Diego Michiels diindikasi types.


Menanggapi hal itu, pelatih kepala PBFC, Dragan Djukanovic mengatakan anak asuhnya harus bisa menjaga pola makan yang benar. "Memang ini resiko yang didapatkan didalam proses latihan fisik. Oleh karena itu saya tadi mengingatkan kepada semua pemain untuk juga menjaga pola makanannya, selalu makan makanan yang sehat seperti buah dan sayur," ujarnya.


Selain itu, kerasnya latihan fisik yang dijalani skuad Pesut Etam mengakibatkan penurunan berat badan secara signifikan. Oleh sebab itu, memperbanyak cairan ditubuh adalah langkah yang harus dijaga setiap harinya. Selain itu, ketika tim tak berlatih, ia menyarankan para pemain untuk lebih banyak beristirahat.


"Juga untuk lebih banyak minum air putih karena pada saat ini rata-rata mereka akan turun berat badan sekitar 2-3 kilogram jadi badan mereka akan mengalami dehidrasi. Dan inilah pentingnya untuk menjaga pola makan mereka juga memanfaatkan waktu libur latihan dengan istirahat sepenuhnya," pungkas pelatih berlisensi UEFA Pro itu. (NAD)