Latihan fisik berat yang dijalani skuad Pesut Etam dalam masa persiapan untuk terjun di Liga 1, Maret mendatang membuat seorang pemain Pusamania Borneo FC (PBFC) tumbang.


Ya, adalah Oktovianus Maniani. Pemain asal Papua itu diketahui tidak mengikuti latihan selama 2 hari terakhir, dia diagnosa positif tipus. Fisioterapis PBFC, Lutfinanda Amary mengatakan kondisi pemain bertubuh mungil itu menurun disebabkan kadar trombositnya yang tak normal.


"Iya Okto sakit, positif tipes, terus trombositnya turun. Cuma tadi siang dibawa ke rumah sakit masih di kasih obat dan rawat jalan dulu kalo misalnya tiga hari ini enggak membaik dia harus di op name," paparnya.


Selain sakit, Okto diketahui juga sempat mengalami cedera. Sehingga setelah sembuh dari sakit, Okto dipastikan akan menjalani terapi sebelum benar-benar kembali melahap program latihan pelatih.


"Sebelum sakit, dia sudah cedera train quadriceps atau robeknya otot paha. Itu perlu 2-3 minggu recovery, itu juga harus terapi tiap hari," terang salahsatu fisioterapi senior di Indonesia itu.


Selain untuk, ada nama Diego Michiels yang juga diduga sakit. Namun, kondisi pemain naturalisasi itu saat ini belum terlalu dikhawatirkan. Beberapa hari lalu, Diego juga sudah dibawa ke salahsatu rumah sakit untuk penyembuhan.


Sebelumnya, pelatih kepala PBFC, Dragan Djukanovic mengatakan anak asuhnya harus menjaga pola makan yang benar agar tak mudah terserang penyakit.


"Memang ini resiko yang didapatkan didalam proses latihan fisik. Oleh karena itu saya tadi mengingatkan kepada semua pemain untuk juga menjaga pola makanannya, selalu makan makanan yang sehat seperti buah dan sayur," pungkasnya, (SAN)