Latihan skuad Pesut Etam pada Minggu (12/2) sore di Stadion Segiri Samarinda, tampak berbeda dari biasanya. Ya, anak asuh Dragan Djukanovic terlihat lebih banyak menghabiskan waktu disebuah matras berwarna biru.


Seperti diketahui, Ponaryo Astaman dan kawan-kawan diberikan menu latihan pilates. Pilates sendiri berguna untuk memperkuat otot, dengan mengandalkan pernafasan saat melakukannya, pilates juga bisa meningkatkan keseimbangan.


Meski latihan pilates bukan latihan yang efektif untuk meningkatkan massa otot, namun diketahui latihan ini baik untuk meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, pada latihan pilates, otot-otot tubuh akan meregang, termasuk bagian persendian. Sehingga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh.


"Ini sudah menjadi bagian dari program di pra musim, karena pra musim adalah modal awal sebelum kompetisi panjang musim ini. Ini juga bagus untuk menambah kekuatan otot pemain sekaligus peregangan sebelum memasuki sesi latihan utama," ujar Dragan Djukanovic, pelatih PBFC.


Program ini juga mendapat perhatian bek tangguh PBFC, Leonard Tupamahu. Menurutnya, latihan pilates memungkinkan suplai oksigen dalam tubuh meningkat. Meningkatnya suplai oksigen dalam tubuh dapat meningkatkan energi didalam tubuh secara signifikan. "Ini biasa kita lakukan di gym pagi hari, tapi ada beberapa gerakan baru dan nantinya akan saya latih terus," tandasnya. (AHS)