Pusamania Borneo FC (PBFC) II lolos dari lubang jarum. Mereka akhirnya lolos ke 8 besar Piala Presiden 2017 setelah menang di laga terakhir fase grup.


PBFC II sebelumnya tidak pernah menang. Dalam dua laga perdana di Grup D, PBFC II hanya mampu bermain imbang 0-0 dengan Bali United dan Barito Putera. Mau tak mau, PBFC harus menang atas Sriwijaya FC di laga terakhir.


Posisi PBFC II kian tidak menguntungkan karena pada pertandingan pertama Grup D hari ini, Sabtu (18/2), Barito Putera menang 2-1 atas Bali United. Hasil tersebut membuat posisi Barito Putera naik ke urutan kedua dengan nilai 4.


Namun, PBFC II akhirnya lolos sebagai pemuncak Grup D. Sebuah keajaiban. Mengapa demikian? Pasalnya, PBFC II hanya mencetak 1 gol sepanjang fase grup. Namun, mereka memuncaki klasemen dengan koleksi nilai 5. Satu-satunya gol itu mereka cetak ke gawang Sriwijaya FC, Sabtu malam, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.


Gol semata wayang PBFC II di fase grup itu dicetak oleh Fandhy Achmad pada menit ke-73. PBFC II pun menyusul Mitra Kukar, Arema FC, Bhayangkara FC, Persib, dan Semen Padang sebagai tim-tim yang lolos ke 8 besar.


Sriwijaya yang berada di posisi kedua masih harus menunggu hasil dari klasemen runner-up terbaik. Sebagai catatan, selain lima juara grup, babak 8 besar juga akan diikuti oleh tiga runner-up terbaik. (Kumparan)