Pusamania Borneo FC (PBFC) II memastikan lolos ke semifinal Piala Presiden 2017. Kepastian itu terjadi setelah mengalahkan Madura United di babak delapan besar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (25/2).


PBFC II menang melalui babak tendangan penalti. Ini setelah sepanjang 2x45 menit hanya bermain dengan skor kacamata. Di babak pertama, tembakan-tembakan yang dilakukan PBFC II gagal berbuah gol, pun dengan upaya Madura United seperti melalui Greg Nwokolo.


Pada menit ke-54, bola tendangan Patrich Wanggai masih melebar. Madura United pun punya peluang memecah kebuntuan pada menit ke-67. Namun gol tetap tak tercipta lantaran bola tandukan Bayu Gatra masih di atas gawang.


Sementara gol Greg Nwokolo pada menit ke-80 tak disahkan. Eks Persija Jakarta dianggap sudah dalam posisi offside ketika menyambut umpan lambung dari tengah lapangan dengan kepala, yang membuat bola masuk ke gawang PBFC II.


Upaya PBFC II kembali gagal pada menit ke-85. Bola tembakan Dody Alfayed tipis melebar disisi kiri gawang Madura. Sedangkan bola tendangan bebas Zulvin Zamrun dari jarak jauh mengenai tiang pada menit ke-90. Pada masa perpanjangan waktu tetap tak membuahkan hasil. Skor 0-0 menutup pertandingan waktu normal. Sesuai regulasi, pertandingan langsung dilanjutkan babak tendangan penalti.


Lima penendang PBFC II sukses menjalankan tugasnya, yaitu Yamashita Kunihiro, Tamsil Sijaya, Michel Orah, Fandi Ahmad, Dirkir Glay. Sementara hanya empat penendang Madura United yang berhasil menceploskan bola, yaitu Dane Milovanovic, Slamet Nurcahyono, Rendika Rama, Fabiano Beltrame, adapun Fachruddin gagal karena bola sepakannya ditepis kiper PBFC II, Wawan Hendrawan.


Di semifinal, PBFC II akan bertemu dengan Persib Bandung yang dilaga sebelumnya mengalahkan wakil Kalimantan Timur, Mitra Kukar. PBFC II bertindak sebagai tuan rumah lebih dulu, Kamis (2/3) di Stadion Segiri, sebelum dijamu Maung Bandung, Minggu (5/3) di Stadion Jalak Harupat, Bandung. (AHS/SS/*)