Siapakah duo bek terbaik di Piala Presiden 2017 sejauh ini? pertanyaan itu seakan menuntun kepada dua nama pemain Pusamania Borneo FC (PBFC) II, Kunihiro Yamashita dan Dirkir Khon Glay.


Ya, keberhasilan PBFC II meraih 4 laga dengan rekor clean sheet sebagai buktinya. Maklum, dari sejumlah laga, lawan-lawannya yang dihadapi tak bisa disebut biasa, diantaranya Barito Putera yang dimotori Rizki Pora, Bali United dengan Irfan Bachdim, serta terakhir Madura United yang dihuni Greg Nwokolo dan Luis Junior, sukses dibuat tak berkutik oleh mereka.


Dalam rilis Labbola perihal statistik, keduanya memiliki angka yang mengagumkan yakni 76 kali clearence, tackel dan interception, 85 persen memenangi area duel, 15 kali memblok tembakan lawan, dimana 12 kali diantaranya dilakukan Dirkir. Selain itu, pemain timnas Liberia ini memilih jumlah tekel sukses terbanyak kedua sejauh ini di Piala Presiden.


Pelatih PBFC II, Ricky Nelson pun tak menapik penilaian tersebut. Dirinya menilai pengalaman dan kokohnya tembok yang digalang duet Jepang-Liberia itu adalah salahsatu kunci timnya masih perawan hingga saat ini. "Kunci sukses keberhasilan kita tak lepas dari peran mereka di lini belakang. Ini berpengaruh terhadap skema tim, semua pemain jadi lebih nyaman bermain, karena lini belakang yang berkualitas," papar Ricky. (AHS)