Jelang Final Piala Presiden 2017‎, Pusamania Borneo FC (PBFC) II terus memantapkan persiapan. Menyisakan waktu kurang dari sepekan, tim beralias Pesut Etam itu menggeber latihan dua kali di lapangan sepak bola, Kompleks Stadion Pakansari, Cibinong, kemarin (8/3) dan Kamis (9/3) sore.


Setelah melakukan latihan, Asri Akbar cs langsung menjalani es terapi di Hotel The Mirah, tempat PBFC II menginap selama di Bogor. Latihan penuh memang sengaja dilakukan untuk mengejar pemenuhan stamina setelah libur dua hari.


Dari latihan Rabu itu, Diego Michiels tak tampak. Eks Mitra Kukar itu rupanya tengah mengalami flu berat. Walhasil, harus beristirahat beberapa hari di kamar. Selain Diego, Reinaldo da Costa belum berlatih bersama tim. Striker berpaspor Australia itu baru tiba kemarin malam. Diketahui, dia dari Bali untuk melakukan negosiasi dengan PSM Makassar.


Minus Diego dan Reinaldo, latihan tetap berjalan lancar. Pelatih Ricky Nelson menyebut memberikan functional training. Seluruh pemain diasah kemampuannya untuk melihat tugas atau fungsi penggawa per individu.


"Pagi dan sore menu latihannya hampir sama. Fokus pada functional training. Karena kami punya sedikit waktu sebelum masuk pada menu pemantapan strategi dan mengasah penyelesaian akhir," tutur Ricky.


Berlatih dobel kemarin, skuad Pesut Etam mulai menurunkan tempo latihan hari ini, seluruh pemain tampak komplit termasuk Diego Michiels dan Reinaldo Elias yang sebelumnya absen. Meski hanya berlatih sekali hari ini, jadwal latihan dimajukan lebih cepat. Walhasil, porsi latihan pun tetap sama dan berat.


Tidak ingin berlama-lama, Ricky siap memaksimalkannya dengan pemantapan olah taktik dan strategi. "Kondisi pemain semua bagus. Tinggal memaksimalkan persiapan untuk mengasah strategi tim. Melawan Arema FC, kami siapkan skema yang berbeda. Karena sudah di final," ungkap Ricky.


Bertemu Arema FC di final, Ricky menyadari kekuatan lawan patut diwaspadai. Di sela mengasah kemampuan lini depan, juru taktik berlisensi B AFC itu bakal mengombinasikan dengan memantapkan kekuatan di lini pertahanan. (KP/AHS)