Pemenang Liga 1 musim depan secara otomatis akan lolos ke fase grup AFC Cup 2018. Sedangkan klub peringkat kedua dan ketiga harus lebih dulu bersaing dengan wakil negara lain di babak playoff.


Dimilikinya tiga jatah untuk klub Indonesia berkompetisi di level Asia musim depan disambut hangat Pusamania Borneo FC (PBFC). Ya, tim ibukota Kalimantan Timur ini seperti diketahui mengincar berlaga di ajang Asia musim depan.


Untuk merealisasikan hal itu, target finish di tiga besar pada Liga 1 2017 diusung. "Kami senang dengan kabar ini, awalnya kami pikir hanya dua, tapi rupanya tiga, juara langsung ke AFC Cup, sedangkan peringkat dua dan tiga playoff, tidak masalah, ini melecut kami untuk mendapatkan tiket ke Asia itu," ujar Presiden Klub, Nabil Husein Said Amin.


Sementara itu, Direktur Utama PT LIB, Berlington Siahaan, dalam pertemuan dengan perwakilan klub Liga 1 di Makostrad, Jakarta pada Kamis (16/3) kemarin, menyebut sudah mendapatkan sponsor utama. Nantinya, nama sponsor akan menjadi titel kompetisi.


"Go Jek akan jadi titel kompetisi yang akan berjalan pada 15 April ini. Kalau sponsor lain ada beberapa lagi, Tapi, Go Jek akan jadi titelnya," kata Berlington saat memberi sambutan.


Selain itu, dalam paparan PT LIB akan memberi subsidi kepada setiap klub peserta Liga 1 sebesar Rp7,5 miliar. Bonus akan bertambah sesuai dengan prestasi peringkat di klasemen akhir.


Ada juga pembagian uang hasil dari tingkat rating penonton setiap klub di televisi. Terkait dengan jatah wakil Indonesia di AFC Cup 2018 mendatang, dijelaskan oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Ade Wellington akan bertambah menjadi tiga. (*/AHS)