Sesi latihan Borneo FC di Stadion Utama Palaran Sabtu (1/4) pagi berakhir lebih dini. Padahal, lewat sesi latihan itu, pelatih Dragan Djukanovic ingin sekali lagi memastikan perkembangan tim dalam game internal. “Harusnya kami berlatih selama 75 menit,” ucap Djuka.


Pertimbangan menghentikan latihan lebih awal karena kondisi lapangan tidak memungkinkan. Hujan sejak awal hari membuat lapangan tergenang air. Dragan tidak ingin mengambil risiko pemainnya cedera jika meneruskan latihan dengan kondisi lapangan demikian.


Meski sesi latihan selesai lebih awal, pelatih berpaspor Montenegro tersebut tak terlalu khawatir. Menurutnya, kondisi fisik pemainnya dalam keadaan prima. Itu berkat proses penggenjotan selama lima pekan. Baru sepekan terakhir, sesi latihan berfokus kepada pematangan taktik bermain.


“Fisik mereka rata-rata sudah berada di level maksimal,” beber Dragan. Dia pun mengklaim, dua pekan ke depan, tim Kota Tepian sudah siap melakoni pertandingan. “Kami akan banyak memberikan menu simulasi game dengan format setengah lapangan untuk membiasakan diri, setelah menjalani libur pramusim,” imbuhnya.


Dalam sesi latihan kemarin, enam pemain Pesut Etam harus menepi lantaran tengah menjalani proses pemulihan. Mereka adalah Ponaryo Astaman, Kunihiro Yamashita, Patrich Wanggai, Diego Michiels, Fernando Gomes, dan Aimar Ohorella. Untuk Ponaryo, Kunihiro, dan Patrich diprediksi bisa kembali bergabung dalam latihan tim, tiga hari lagi. Sementara Diego, Fernando, dan Aimar memerlukan lebih dari dua pekan untuk pulih. (KP/AHS)