Borneo FC tak hanya memikirkan persiapan timnya di pentas kompetisi Liga 1, yang akan dimulakan 15 April mendatang. Sebab proyek jangka pangjang pun sudah disiapkan.


Selain membina pemain usia dini di bawah bendera Nahusam Football Academy, manajemen kini juga tengah mempersiapkan pemain untuk tim Borneo FC U-19. Ya, mulai 6-9 April mendatang, para pemain muda di Kalimantan punya kesempatan unjuk kebolehan untuk masuk menjadi bagian dalam tim Borneo FC U-19.


Sekretaris Borneo FC, Ridhotya Warman mengatakan penjaringan pemain muda di Kalimantan, khususnya Samarinda ini ditunjukkan untuk terjun di kompetisi U-19 mendatang.


“Respons atas seleksi ini bisa dikatakan sangat luar biasa. Sebab sampai kemarin, sudah tercatat 300 pemain dari beberapa daerah yang menyatakan diri siap hadir. Dan pemain tersebut tak hanya datang dari Samarinda, tetapi ada yang dari Kalimantan Utara,” sebut RIdho.


Dan manajemen Borneo FC, mempercayakan kepada Basri Badussalam serta Feby Aji sebagai tim penyeleksi. Kebetulan keduanya adalah asisten Ricky Nelson, pelatih kepala Borneo FC di Piala Presiden yang juga menjabat sebagai Direktur Pemain Muda di Borneo FC. “Basri dan Feby sudah punya pengalaman bagus mencari pemain. Keduanya juga sudah sangat paham bagaiaman karakter pemain yang diinginkan Ricky Nelson nantinya,” timpal manajer tim Borneo FC, Farid Abubakar.


Para pemain muda ini, diharapkan bisa hadir di Stadion Utama Kaltim, Palaran. “Kami sih berharap tak ada pemain terlambat datang. Makanya sebelum seleksi dilakukan, para pemain muda ini sangat kami harapkan sudah ada di lapangan untuk melakukan persiapan,” terang Ridho.


Pada tahapan seleksi hari pertana, Kamis (6/4), akan dilakukan mulai pukul 14.00 WITA. Sementara untuk 7 sampai 9 April, seleksi dilakukan sejak pagi, pukul 08.00 WITA. Disebutkan Ridho, jumlah pemain yang akan mengikuti seleksi di pastikan “membengkak” dari jumlah sekarang. Sebab sampai kemarin, para pendaftar masih terus berdatangan.


Borneo FC sendiri seperti diketahui menjadi salah satu lumbung pemain muda di Indonesia. Sebab beberapa pemain seperti Terens Owang Puhiti, Rifal Lastori, Dody Al Fayed, Wahyudi Tolle Hamisi sudah menjadi bagian dari tim senior. “Kami sih berharap dari tim U-19 ini, juga akan lahir pemain muda berbakar yang akan memperkuat Borneo FC di masa depan. Itulah sebabnya, talenta mereka mulai kami jaring saat ini untuik selanjutnya terus dibina,” pungkas Farid Abubakar. (SP/AHS)