Manajer Borneo FC Farid Abubakar menerangkan persoalan Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) pekerja asing di skuad Pesut Etam akan segera rampung. Ya, seperti diketahui, beberapa hari lalu perihal ini Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) meminta seluruh klub menyelesaikan masalah ini.


“Alhamdulillah tidak ada masalah, secara administrasi lengkap, IMTA sudah keluar, dalam beberapa hari lagi semua sudah beres,” ujar Farid di sela latihan Borneo FC di Stadion Segiri Samarinda, Selasa (25/4).


IMTA (Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing) dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, merupakan bagian proses untuk pelaku sepakbola asing dalam mendapatkan KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas).


Dengan ini, nama pemain asing Borneo FC seperti marquee player Shane Smeltz, Kunihiro Yamashita, Helder Lobato dan Flavio Beck Junior sudah tak masalah jika ingin diturunkan. “Bahkan IMTA-nya Yamashita itu sudah keluar duluan dari IMTA Smeltz dan Helder,” tambah Farid lagi.


Ditanya perihal kerumitan dalam proses pembuatan KITAS ini, Farid menjelaskan hal itu sudah menjadi tugas klub, meski demikian dia senang karena pada akhirnya semua proses adminitrasi bisa berjalan lancar dan tak menganggu program tim.


“Yang saya tahu dari sekretaris tim (Ridhotya Warman), prosesnya lumayan juga sih, harus ini itu, tapi alhamdulillah semua lancar. Yang agak beda hanya untuk Flavio Beck Junior dan pelatih Dragan Djukanovic, merekakan sejak musim lalu sudah punya KITAS, jadi sekarang hanya proses perpanjangan saja,” terangnya. (AHS)