Borneo FC tampil perkasa saat menjamu Persegres Gresik United di Stadion Segiri, Sabtu (29/4) malam, pada pekan ketiga Liga 1 2017. Borneo FC sukses memetik kemenangan dengan skor 3-0.


Pelatih Dragan Djukanovic langsung memasukkan rekrutan anyar mereka Matheus Lopes ke dalam daftar pemain di laga ini. Namun bek asal Brasil itu disimpan di bangku cadangan.


Tampil di hadapan ribuan pendukungnya, Borneo FC menggebrak pertahanan Gresik United. Sejumlah peluang sudah diperoleh tuan rumah, diantaranya melalui Leonard Tupamahu dan Wahyudi Hamisi, tapi tidak membuahkan hasil.


Pelanggaran handball pemain Gresik United di kotak terlarang membuat wasit menunjuk titik putih pada menit ke-33. Flavio Beck Junior yang dipercaya sebagai algojo berhasil menjalankan tugasnya dengan baik untuk membawa Borneo FC unggul lebih dulu. Skor ini bertahan hingga babak pertama usai.


Unggul satu gol tidak membuat Borneo FC mengendurkan tekanan ke pertahanan Gresik United. Permainan agresif diperagakan tuan rumah guna menggandakan keunggulan mereka.


Pusamania, suporter Borneo FC kembali bersorak kegirangan pada menit ke-53. Lerby Eliandry yang masuk di awal babak kedua mengubah papan skor menjadi 2-0 setelah ia menanduk umpan Terens Puhiri untuk menjebol gawang Gresik United.


Penggawa Borneo FC pun makin termotivasi untuk memperlebar jarak dengan Gresik United. Di lain sisi, dominasi tuan rumah membuat Laskar Joko Samudro mengalami kesulitan mengembangkan permainan.


Akibatnya, kiper Fitrul Dwi Rustapa terpaksa harus memungut bola dari jalanya untuk kali ketiga setelah marquee player Borneo FC Shane Smeltz mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-61 menyambut umpan Rifal Lastori.


Borneo FC nyaris menambah pundi gol mereka pada menit ke-81, tapi tendangan pemain pengganti Riswan Yusman menghajar mistar gawang. Skor 3-0 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang. (GC)