Selain fokus pada tim senior, Borneo FC juga tak mengesampingkan pemain muda mereka. Hasil seleksi dari Kupang dan Malang serta Samarinda terpilih 25 pemain. Sebagai langkah awal persiapan juga perlu ada uji tanding bagi tim U-19 Pesut Etam ini.


Pilihannya pun jatuh ke Kota Beriman, Balikpapan dengan menggelar laga berformat trofeo. Para pesut muda ini akan dilihat kemampuan bertandingnya melawan Persiba Balikpapan U-19 dan Liga Remaja Selection Balikpapan. “Rencananya Sabtu (20/5) ini kami gelar laga tersebut. Nanti pakai Stadion Parikesit Pertamina,” ucap Ricky Nelson, pelatih U-19 Borneo FC.


Pada laga tersebut tak ada target khusus yang ingin dicapainya. Dirinya hanya ingin melihat kemampuan bertanding pemain. Baik itu melihat penerapan strategi dan taktik juga skema permainan di laga sesungguhnya. “Apakah yang sudah dijalani saat latihan bisa diterapkan di lapangan. Makanya sangat senang ada laga uji coba ini,” tuturnya.


Kemudian, dalam uji tanding itu dirinya juga bisa melihat mental bertanding anak asuhnya. Apalagi ini adalah pertandingan pertama tim ia asuh meskipun hanya bertajuk uji coba. “Pasti kelihatan mana pemain yang demam panggung dan sebagainya. Intinya untuk menambah jam terbang pemain itu sendiri,” paparnya.


Berlangsung dalam akhir Mei ini, kompetisi Liga 1 U-19 disebutkan masih berformat sama dengan kompetisi U-21 musim lalu. Seluruh peserta terbagi dalam tiga grup yang diisi masing-masing enam klub. Dua tim teratas dan dua runner up terbaik akan lolos ke babak selanjutnya. “Kami tak ada target khusus juga pada kompetisi U-19. Intinya tim ini dipersiapkan untuk jadi pemain tim utama,” tandasnya. (HFZ)