Persiba Balikpapan akhirnya pulang kandang, setelah menjadi tim musafir sampai pekan ke-7 di perhelatan Liga 1 musim ini. Dan menariknya, laga perdana mereka di kandang langsung bertemu Borneo FC, yang selama ini menjadi rivalitas utama di Bumi Etam.


Persiba pun langsung mengusung misi memenangkan pertandingan perdana mereka musim ini. Sementara Borneo FC ingi mengulang sukses musim lalu, saat sukses menang back to back atas Persiba di pentas Indonesia Soccer Championship.


Ambisi tuan rumah pun akan bertemu ambisi tamu. Artinya, laga malam nanti di Stadion Parikesit Pertamina pukul 21.30 Wita, akan penuh dengan keinginan untuk memenangkan pertandingan. Tetapi skuad Pesut Etam - julukan Borneo FC - mengakui jika laga tersebut tak mudah. Sebab laga kali ini akan sedikit berbeda, karena Persiba akan main dihadapan pendukungnya. "Tiap derby selalu jadi pertandingan penting, tapi kami menjalani persiapan ini secara normal. Kami ingin bermain dengan baik dan membawa pulang 3 poin," ujar Dragan.



Dirinya juga mengetahui, jika sang lawan kini terjerebab di dasar klasemen. Tentu hal itu bakal jadi motivasi lebih pemain Persiba untuk bisa memperbaiki posisi. Hal ini pula yang dianggapnya laga nanti malam tak akan berjalan mudah bagi Ponaryo Astaman dkk. "Kini mereka (Persiba) sudah bermain di Balikpapan, tentu situasi akan berbeda. Jadi ini tak akan mudah bagi kami," ungkap pelatih berpaspor Montenegro ini.



Kendati demikian, Dragan menilai jika laga derby tetap memiliki atmosfer berbeda. Setiap pemain pasti akan mengeluarkan kemampuan terbaik pada laga tersebut. "Kami juga akan berjuang untuk meraih poin maksimal, seperti yang kami dapati musim lalu," tegasnya.



Soal teknis, ia tak akan mengubah skema permainannya. Seluruh pemain juga sudah siap untuk menghadapi laga ini. Walaupun kali ini Borneo FC bermain tanpa Diego Michiels yang cedera dan Shane Smeltz yang di panggil timnas negaranya. "Sudah disiapkan penggantinya dan seluruh pemain sudah menyatakan siap," tandasnya.



Sementara itu kapten tim Borneo FC, Ponaryo Astaman mengatakan, seluruh pemain sudah siap menghadapi laga Derby Kaltim ini. Ia pun sependapat jika target tinggi tetap diapungkan dan berusaha menampilkan yang terbaik. "Selamat buat Persiba yang kembali tampil di Balikpapan. Pertandingan nanti kami ingin tampilkan permainan terbaik pula," ucap Ponaryo.


Popon juga memberi apresiasi kepada seluruh pihak yang telah memperbolehkan Pusamania hadir di Balikpapan. Bahkan hal ini menurutnya lebih bagus dari tahun lalu yang sama sekali tak diberi izin. "Tentu ini bisa membantu tim agar bisa meraih hasil terbaik," tandasnya. (SP/AHS)