Borneo FC junior terus mematangkan persiapan jelang bergulirnya Liga 1 U-19. Minggu (4/6) malam kemarin, tim besutan Ricky Nelson itu menggelar laga ujicoba di Stadion Segiri Samarinda.


Lawan yang dihadapi adalah Muara Badak, salahsatu tim amatir di Kalimantan Timur yang baru saja menjuarai turnamen se-Kabupaten Kutai Kartanegara di Tenggarong. Hasilnya, Pesut Etam Muda meraih kemenangan 3-2.


Kemenangan ini adalah kemenangan kedua dalam dua laga ujicoba pada bulan Ramadhan. Sebelumnya, Habibi dan kawan-kawan melumat Nahusam Football Academy (NFA) 7-1 di Stadion Palaran, Samarinda.


"Kami bersyukur anak-anak bisa menuai hasil bagus. Meski hanya sebatas laga ujicoba tapi kemenangan memang penting untuk meningkatkan mental bertanding," papar Awang Zakaria Darmawan, Manajer Borneo FC U-19.


Diterangkan Awang, meski demikian sejumlah catatan tetap menjadi perhatian pihaknya. "Tim pelatih masih melihat ada sejumlah kelemahan yang musti diperbaiki, setidaknya dengan ujicoba ini kami bisa melihat titik mana yang harus dibenahi sebelum kami benar-benar terjun di kompetisi junior," tambahnya lagi.


Seperti diketahui, PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menggulirkan Liga 1 U-19 pada 9 Juli 2017. Dijadwalkan, pendaftaran pemain periode pertama kompetisi usia muda ini akan dilaksanakan mulai 8 Mei hingga 31 Juli 2017. Pendaftaran dilakukan secara online.


Kuota pemain yang didaftarkan sekurang-kurangnya 18 pemain dan maksimal 30 pemain. Usia pemain yang diperbolehkan bermain di Liga 1 U-19 2017 adalah pemain kelahiran 1 Januari 1998 dan setelahnya.


Sekjen PSSI, Joko Driyono, menjelaskan bahwa konsep Liga 1 U-19 sama dengan format Liga U-21 pada musim sebelumnya. "Tidak berubah konsepnya. Dari 18 tim dibagi ke dalam 3 grup. Masing-masing grup terdiri dari enam tim. Sementara untuk pembagian grupnya, LIB sedang menyusunnya," ujar Jokdri.


Dikatakan Jokdri, Liga 1 U-19 merupakan bagian dari upaya PSSI untuk melakukan pengembangan usia. "Liga U-19 juga bagian dari tujuan olahraga itu sendiri," tuturnya.


Pada 2016, Indonesia Soccer Championship (ISC) U-21 digelar. Kompetisi ini terbagi empat fase yang terdiri dari dua babak penyisihan grup dan babak sistem gugur yakni semifinal serta final.


Pada tahap pertama, 18 tim di bagi ke dalam tiga grup yang masing-masing kelompok berisi enam klub. Dua tim teratas dan dua runner-up terbaik lolos ke fase kedua. Dari 8 tim yang lolos, kemudian dibagi lagi ke dalam dua grup. Pembagian grup 8 besar dan semifinal dilakukan dengan sistem undian.


Dua tim teratas dari masing-masing grup berhak lolos ke babak semifinal. Sang juara ISC U-21 adalah PS TNI. Dimas Drajat dan kawan-kawan menjadi kampiun setelah mengalahkan Bali United U-21 dengan skor 6-1 pada partai puncak. Musim lalu, Borneo FC U-21 hanya mampu mencapai babak semifinal. (AHS/*)