Resmi mendapatkan pelatih kiper anyar asal klub Brasil, Cruizero, Luizinho Passos. Sejak Kamis (1/6) lalu, pria berkepala plontos itu langsung mendampingi Muhammad Ridho, Nadeo Argawinata, dan David Ariyanto berlatih.


Ia tampak supel dan akrab dengan seluruh tim. Bahkan ia memperkenalkan diri kepada awak media menggunakan bahasa Inggris.


“Saya Luizinho, pelatih kiper baru di tim ini. Saya mohon bantuan kalian mendukung kerja saya di sini. Senang rasanya bertemu kalian, semoga kita bisa bekerja sama untuk tim ini,” ucap Luizinho beberapa hari lalu.


Pada hari pertamanya itu, ia langsung melatih refleks dan respon kiper terhadap bola. Ia melatih penjaga gawang membaca arah bola saat memantul. Ia melempar bola ke arah papan kecil sehingga bola berbelok arah. Ia meminta kiper bergerak cepat dan tepat ke arah bola.


Selain itu, ia menggunakan karpet hitam sebagai lantai yang dibasahi. Selanjutnya bola dipantulkan ke karpet tersebut. Bola hasil pantulan itu mengarah cepat ke gawang, sehingga kiper harus cepat merespon arah bola.


Seolah sudah memahami tipikal lapangan di Liga Indonesia pada umumnya yang sedikit bergelombang dan tergenang air saat hujan. Hal itu yang mendasari Luizinho membenahi teknik kiper Borneo FC.


“Saya menerapkan latihan untuk sepakbola modern. Tapi seringkali bola-bola tidak terduga dihadapi kiper. Itu yang saya ingin kuatkan ke penjaga gawang,” ucapnya.


Menanggapi hal itu, Kiper Borneo FC, Muhammad Ridho Mengaku senang dengan teknik yang diajarkan pelatihnya itu. Apalagi selama ini teknik tersebut tak pernah dirasakannya selama latihan.


“Ini pengalaman baru buat kami penjaga gawang mendapat ilmu yang bermanfaat. Kami sangat antusias berlatih dan akan terus berusaha meningkatkan performa kami di lapangan,” ucapnya. (HFZ/*)