Gelar Piala Konfederasi 2017 sudah dimulai kemarin dan Borneo FC memiliki perwakilan dalam acara tersebut. Ya, Shane Smeltz pemain Selandia Baru ini adalah striker Pesut Etam yang kembali dipanggil memperkuat negaranya.


The All Whites -julukan timnas Selandia Baru- sendiri tergabung bersama tuan rumah Rusia, Portugal dan Meksiko. Di mana hingga berita ini diturunkan, laga pembuka antara Rusia dan Selandia Baru masih berlangsung.


Sebagai pemain Borneo FC, rupanya Smeltz menyempatkan diri untuk berfoto dengan syal bertuliskan Pusamania Borneo. Baik di lapangan Stadion Krestovsky, Saint Petersburg maupun di dalam loker room. Tampaknya Smeltz memang sengaja membawa syal milik Borneo FC ke negeri Beruang Merah itu.


Apa yang dilakukan Smeltz itu tentu saja mendapat tanggapan berbagai pecinta Sepak Bola di Kota Tepian. Rasa bangga dan senang diungkapkan semua kalangan terkait upaya Smeltz yang berfoto dengan membentangkan syal tim kesayangannya. "Ini baru pemain yang mencintai tim. Tanpa ragu ia berfoto sambil membentangkan syal tim," ucap Edy Suharwan, salah satu suporter Borneo FC.


Menurutnya, dengan begitu nama Borneo FC secara tak langsung akan naik dan dikenal. Minimal untuk rekan satu tim nasional Smeltz dulu. Kemudian jika foto itu menjadi viral tentu warga Rusia dan eropa lainnya bisa melihat. "Maka Borneo FC secara tak langsung pernah sampai di Rusia," tuturnya.


Ia menambahkan, atas tindakan Smeltz itu Edy pun yakin jika Smeltz adalah pemain yang loyal dengan tim. Bukan pemain yang sekedar mencari keuntungan lewat kontrak tinggi saja. "Saya yakin dia (Smeltz, Red) sudah mencintai Samarinda. Semoga saja ia Selandia Baru sukses di Piala Konfederasi dan menular ke Borneo FC," tukasnya penuh harap.


Hal yang sama juga diungkapkan oleh Presiden Klub Borneo FC, Nabil Husein Said Amin. Baginya tindakan yang dilakukan Smeltz itu adalah wujud kecintaannya terhadap tim. "Saya jadi bangga, sebab ada perwakilan kita di piala konfederasi tahun ini. Sukses buat Smeltz dan tim nasionalnya," singkat Nabil.


Namun sayang, pada laga pembuka Piala Konfederasi, All Whites takluk 2-0 atas tuan rumah Rusia. Pada laga ini, Shane Smeltz masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-71. Saat itu Selandia Baru tertinggal 2-0, dan hingga berakhirnya pertandingan skor tak berubah. (HFZ/AHS)