Laga seru malam ini akan tersaji di Stadion Andi Mattalata, Makassar antara tuan rumah PSM Makassar melawan Borneo FC. Meski dua tim ini terpaut jauh di papan klasemen Liga Go-Jek Traveloka Liga 1, tapi kekuatan keduanya sebenarnya tak jauh berbeda.


Termasuk juga kekuatan lini tengah yang dihuni dua pemain dengan assist terbanyak di kedua tim. Mengingat kedua tim ini mengusung sepak bola menyerang dengan permainan lebih menekankan dari serangan sayap. Maka sudah pasti peran masing-masing pemain di kedua tim sangat vital. Termasuk juga dengan sang kreator permainan.


Wiljan Pluim di kubu PSM Makassar dan Flavio Beck Junior di skuad Borneo FC sama-sama jadi pemain terbanyak memberi assist. Keduanya sudah mencatatkan 3 umpan yang berhasil diubah menjadi gol. Dua pemain ini pula yang dianggap menjadi​ roh permainan tim selama ini.


Tetapi Flavio Beck Junior mengaku jika pertemuan dirinya dengan Pluim tak akan terjadi secara langsung. Sebab pemain asal Belanda itu saat ini lebih sering dipasang menjadi winger kanan, sementara ia bermain pada posisi gelandang tengah. "Posisi kami berbeda, mungkin duel secara langsung akan jarang terjadi," ucap Flavio.


Tetapi pemain asal Brazil ini mengakui jika Pluim adalah kunci dari permainan PSM Makassar sejauh ini. Bahkan pemain asal Belanda itu tak pernah diganti atau selalu bermain full. "Itu menandakan jika peran Pluim di PSM sangat penting," tuturnya.


Flavio sendiri pernah merasakan bagaimana ia berhasil membekap PSM Makassar di kandangnya pada musim lalu. Kemenangan 2-0 berhasil diraih saat itu dan Flavio dianggap sukses menjadi aktor utama kemenangan Borneo FC.


Namun, pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts tak mau terganggu dengan hasil musim lalu. Arsitek asal Belanda itu merasa jika ia bisa melewati kondisi itu. "Tak pernah menang lawan Persipura selama 10 tahun saja bisa dipatahkan," ujar Robert.


Ia juga merasa tak perlu melakukan persiapan khusus melawan Borneo FC dan akan bermain normal saja. Namun ia mewanti agar anak asuhnya bisa disiplin sepanjang laga. "Kami tak boleh lengah, kami sudah pelajari bagaimana permainan mereka dan tak ada persiapan khusus soal itu," pungkasnya.


Sementara itu, pujian juga diberikan pelatih Dragan Djukanovic. Ia menilai saat ini lawan yang dihadapi bukanlah tim yang pernah dikalahkan pihaknya dengan mudah pada dua pertemuan terakhir musim lalu. "Mereka musim ini jauh lebih berbahaya, kami harus bersiap ekstra untuk melawan mereka," papar Djuka.


Pertempuran PSM Makassar melawan Borneo FC ini akan disiarkan langsung TV One malam ini, pukul 21.30 WITA. Di Samarinda, nonton bareng laga bigmatch ini akan digelar di beberapa titik, antaranya Borneo FC Store dan Cafe serta Mabes Pusamania di kawasan Stadion Segiri Samarinda. Selain itu, dukungan langsung juga diberikan suporter Pusamania yang datang langsung ke Makassar. (HFZ/AHS)