Pemandangan berbeda terlihat sehari sebelum Borneo FC bentrok dengan Madura United pada lanjutan Go-Jek Traveloka Liga 1 2017 Pekan ke-12. Dalam sesi ujicoba lapangan pada Senin (3/7) sore di Stadion Segiri Samarinda. Tampak sosok pria tinggi besar terlihat mengawasi gerak-gerik para penggawa Pesut Etam berlatih.


Dia adalah Brigadir Jenderal TNI Firman Achmadi. Pria ini merupakan perwira tinggi TNI-AD yang mengemban amanat sebagai Karo Persidangan dan Humas Setjen Wantannas.


“Posisi Pak Firman di Borneo FC sama dengan saya, jadi jika saya berhalangan, pak Firman akan menggantikan posisi saya di tim ini, mari kita ucapkan selamat datang untuk pak Firman di keluarga besar Borneo FC,” urai Nabil Husein Said Amin, Presiden Klub Borneo FC seusai latihan di hadapan para pemain.


Dalam karir militernya, jenderal bintang satu itu tercatat pernah menjadi Dandenpom II/3 Lampung, Ka Timsat Litdik Keamanan Puspomad, Danpom Kostrad, Danpomdam V/Brawijaya, Dirbin Hartib Puspomad dan saat ini menjabat sebagai Karo Humas Setjen Wantannas.


Di dunia si kulit bundar, Firman Achmadi bukanlah sosok baru. Ia sebelumnya pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Angkatan Darat (PSAD) dalam dua periode. “Saya disini mendampingi pak Nabil, Tentunya saya berharap Borneo FC selalu menang, terutama di luar kandang,” imbuh lulusan Akmil tahun 1985 itu kepada awak media.


Sementara itu, pelatih Borneo FC, Dragan Djukanovic juga turut memberikan ucapan selamat datang kepada salah satu petinggi baru klub. “Saya ucapkan selamat datang untuk pak Firman, selamat datang di keluarga besar kita,” papar pelatih berlisensi UEFA Pro itu. (AHS)