Stadion Segiri dipastikan akan kembali semarak oleh Pusamania dan Pusamanita hari Minggu (8/6) sore. Pasalnya tim kebanggaan mereka, Pusamania Borneo FC (PBFC) akan melakoni partai kandang menghadapi Deltras Sidoarjo dalam lanjutan kompetisi Divisi Utama 2014 Grup VI Liga Indonesia.


Di pertandingan nanti PBFC jelas ingin meraih kemenangan untuk tetap mengamankan status sebagai capolista di Grup VI. Apalagi Pesut Etam baru saja kehilangan poin saat bertandang ke Mojokerto. Skuad asuhan Iwan Setiawan harus takluk dua gol tanpa balas oleh PSMP.


Pasca kalah atas PSMP, Iwan Setiawan tidak ingin timnya kembali kecolongan, mengingat ini adalah laga kandang. "Evaluasi dari pertandingan terakhir sudah dilakukan, kami akan bermain lebih menekan karena kami bermain di kandang sendiri. Dukungan suporter juga jadi tambahan penyemangat para pemain, mereka akan lebih terlecut, tapi saya juga ingatkan mereka untuk bermain enjoy dan bukan menganggap laga ini sebagai beban," pungkas Iwan.


Menghadapi Deltras, PBFC dipastikan tidak akan diperkuat kiper utama mereka, Bayu Cahyo, yang mendapat kartu merah saat bersua PSMP. Feri Aman Saragih juga harus absen karena akumulasi kartu. Absennya Bayu Cahyo dan FAS merupakan kesempatan bagi Juni Irawan untuk menunjukkan tajinya di bawah mistar gawang, begitupun bagi Gangga Mudana yang siap diturunkan untuk menggantikan peran FAS.


Untuk lini depan, Iwan Setiawan tetap bertumpu pada Fernando Soler, yang pada pertandingan sebelumnya gagal mengeksekusi penalti. "Khusus untuk lini depan, saya masih percaya dengan kemampuan Fernando (Soler). Saya sudah bicara dengan dia, percaya dengan kemampuannya dan nikmatilah pertandingan, karena secara kualitas saya tahu dia, dia cuma perlu mengontrol sisi emosional dari diri dia, saya harap dia bisa bermain bagus besok," tegas Iwan.


Di kubu tim tamu, Deltras Sidoarjo datang ke Samarinda bukan tanpa target. The Lobster, julukan Deltras, belum pernah menang di sembilan pertandingan yang sudah mereka lakoni. Walaupun berat, skuad asuhan Riono Asnan tentunya ingin meraih kemenangan di laga ini.


Mendatangkan beberapa muka baru untuk putaran kedua, seperti Isdiantono, Diva Tarkas, dan Danial, Deltras masih saja kesusahan untuk menang. Dua laga sebelumnya yang mereka mainkan di kandang, Deltras hanya mampu meraup 2 poin hasil imbang 3-3 lawan PSMP, dan 1-1 lawan Persekap.


Bak David dan Goliath, secara kasat mata PBFC memang jauh unggul atas Deltras. PBFC masih nyaman di puncak klasemen, sedangkan Deltras di posisi buncit. Pertemuan kedua tim pada putaran pertama di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, PBFC menang 1-0 lewat gol Akbar Rasyid.


PBFC harus menang untuk segera mengamankan satu tiket ke babak 16 besar. Deltras pun harus menang untuk menghindari terdegradai ke Liga Nusantara musim depan. “Borneo tim bagus dan dihuni pemain sarat pengalaman. Tentu bukan tandingan kami,” ujar Harmadi, Asisten Pelatih Deltras, "Lawan Borneo bukan pekerjaan mudah. Apalagi Sutikno dan kawan-kawan bermain di kandangnya. “Seri saja sudah bagus bagi Deltras,” tutup Harmadi. (Zezen)