Derby Mahakam menjadi milik Borneo FC. Gol salto Lerby Eliandry mengunci kemenangan skuat Pesut Etam dengan skor 1-0 atas Mitra Kukar di Stadion Segiri, Samarinda, Selasa (11/7/2017).


Laga pembuka pekan ke-14 Liga 1 tersebut berjalanan monoton pada paruh pertama. Tidak ada peluang signifikan yang diciptakan kedua tim. Borneo FC mencoba mengambil inisiatif serangan. Namun, pertahanan Mitra Kukar yang digalang Jorge Gotor tampil disiplin.


Walhasil, skor imbang tanpa gol menutup pertandingan babak pertama. Laga berjalan lebih menarik pada paruh kedua. Mitra bermain lebih lepas, sekaligus meningkatkan tekanan. Namun, skuat asuhan Jafri Sastra tersebut dikejutkan oleh gol Lerby Eliandry lewat sepakan salto pada menit ke-62.


Lerby tidak langsung merayakan gol dan lebih dulu melihat keputusan asisten wasit. Para pemain Mitra pun sempat melakukan protes karena menganggap Lerby lebih dulu berada pada posisi off-side. Padahal dari tayangan ulang, tampak satu pemain Mitra Kukar terlihat telat naik.


Namun, gol tetap disahkan wasit Abdul Rahman. Tersentak, Mitra menambah tempo serangan. Peluang bersih diperoleh Marclei Santos pada menit ke-75. Lolos dari jebakan off-side, cungkilan sang pemain masih membentur mistar gawang lawan.


Tidak ada tambahan gol untuk kedua tim pada sisa laga. Alhasil, skor 1-0 untuk kemenangan Borneo FC bertahan hingga peluit akhir dibunyikan wasit. Dengan raihan poin penuh tersebut, Borneo FC naik tiga setrip ke posisi ke-10 di klasemen sementara Liga 1 dengan 20 poin. Sedangkan Mitra tertahan di urutan kedelapan dengan 21 poin. (JUN/KOK)