Tak hanya serius dalam pencapaian tim secara prestasi, Borneo FC Samarinda juga turut serta dalam dunia pendidikan. Ya, sebagai salahsatu klub profesional di Kalimantan Timur, Borneo FC Samarinda memiliki kewajiban dalam mengenalkan sepak bola profesional secara lebih dalam, terutama kepada anak usia dini.


Untuk itu, saat mendapat tawaran kunjungan dari Taman Kanak-Kanak (TK) Selyca, manajemen Borneo FC Samarinda sangat antusias menyambut. Sebanyak 64 siswa yang terbagi dalam dua kelompok diajak berkeliling stadion, Rabu (13/9/2017) sore. Mereka dikenalkan perihal seluk-beluk sepakbola diluar pertandingan diatas rumput hijau, sembari mengenalkan fungsi ruangan tersebut.


Vice Chief Marketing Borneo FC Samarinda, Reza Katamsi menambahkan kunjungan ini adalah kali kedua yang mereka dapatkan. Sebelumnya, pada Februari 2015 silam, puluhan murid TK Al-Kautsar juga menyambangi markas Pesut Etam. "Hanya saja saat TK Selyca berkunjung, kami kemas lebih seru, agar lebih bermanfaat," paparnya.


"Kami ajak masuk ke ruang preskon dan locker room. Di situ kami jelaskan apa aja yang dilakukan pemain di ruangan itu. Jadi kami tadi ada simulasi konferensi pers. Murid-murid sangat senang dan antusias," tambah Reza.


Selain itu, murid-murid TK Selyca juga dikenalkan dengan pertolongan pertama saat pemain terkena cedera. Sesi ini diisi oleh fisioterapis Borneo FC, Lutfinanda Amary Septiandi. Bahkan Lutfi juga mempraktekkan ke murid TK Selyca cara menangani pemain yang cedera maupun kram.


Menurut Reza praktek tersebut bermanfaat menambah pengetahuan murid tentang profesi sepak bola, yang mengutamakan kaki sebagai aset berharga pemberian sang pencipta. Reza mengungkapkan Borneo FC menyambut baik program kunjungan TK Selyca ke markasnya. Menurutnya kegiatan ini menjadi bukti nyata Borneo FC dicintai masyarakat luas.


"Ini bukti Borneo FC dekat dengan masyarakat. Kami kaget karena sebagian murid ada yang sudah memakai jersey Borneo FC. Kita sangat postif menyambut itu, karena dengan demikian Borneo FC dikenal masyarakat," tuturnya.


Tak hanya itu, diakhir sesi mereka berkesempatan untuk bercengkrama dengan para pemain Borneo FC Samarinda secara langsung. Penggawa Pesut Etam pun antusias berinteraksi, terutama Diego Michiels yang dengan sabar melayani permintaan tanda tangan dan foto bersama. "Saya senang ketemu mereka, semoga mereka jadi anak yang sehat dan sukses nantinya," pungkas Diego Michiels. (DMZ/AHS/KOK)