Gol semata wayang Bayu Alfarizi melalui tendangan bebas pada menit ke-34 memastikan skuad Borneo FC U-19 meraih kemenangan atas tuan rumah Persipura Jayapura U-19, Senin (25/9) sore di Stadion Mandala Jayapura.


Jalannya pertandingan sendiri berjalan dengan sangat menarik. Borneo U-19 mendapat tekanan pada 20 menit awal oleh para pemain Persipura U-19.


Sedangkan peluang pertama Pesut Muda didapat melalui sundulan Nurdiansyah memanfaatkan sepak pojok dari Iftiqar Rizal, sayang sundulannya masih melebar di atas mistar penjaga gawang Persipura U-19.


Setengah jam bertarung, Borneo U-19 mulai tampil offensive, hasilnya pada menit 34, Bayu Alfarizi terpaksa harus dijatuhkan pemain belakang Persipura di dekat area kotak 16. Tendangan bebas di dapat oleh Pesut Muda. Bola yang di eksekusi oleh Bayu Alfarizi berbuah gol. 1-0 Borneo FC unggul hingga turun minum.


Di babak kedua, Persipura U-19 tampil lebih terbuka. Beberapa peluang emas didapat oleh kubu Persipura namun kesigapan dari kiper Harlan Suardi mampu mementahkan bola dari gawangnya.


Borneo FC U-19 sendiri bukan tanpa peluang, sepakan keras M. Sihran pada menit 60 masih tipis menyamping di gawang Persipura U-19 dan Bayu Alfarizi menit 72 hanya mengenai mistar gawang Persipura U-19. Hingga wasit meniup pluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 0-1 untuk keunggulan Borneo U-19 tidak berubah.


Dengan hasil ini anak asuhan Ricky Nelson mendapat satu tempat di babak 8 besar Liga 1 U-19 2017. "Berhasilnya Borneo U-19 menembus babak 8 besar memang sesuai dengan target awal kami. Hasil positif di putaran pertama memudahkan kami di putaran kedua yang hanya membutuhkan minimal 4 poin untuk bisa lolos dan itu terwujud di pertandingan menghadapi Persipura U-19,” ungkap Ricky Nelson pelatih yang juga berlisensi A AFC tersebut.


Senada dengan Ricky Nelson, Awang Darmawan Zakaria selaku manajer tim Borneo FC U-19 tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya. Pria bertubuh tambun itu mengungkapkan target awal tim ialah lolos ke 8 besar.


Meski dipatok target setinggi-tingginya, ia menilai keberhasilan lolos ke babak 8 besar adalah salahsatu pondasi merengkuh gelar juara di akhir kompetisi. "Saya bersyukur bisa meraih poin penuh di Jayapura. Karena dengan hasil ini, kami bisa lolos ke babak selanjutnya. (OZAN/KOK)