Nama Shane Smeltz kembali mencuat setelah gol semata wayangnya membawa Borneo FC Samarinda memenangi laga Derby melawan Persiba Balikpapan, Senin (25/9) lalu.


Gol tersebut juga menambah pundi-pundi golnya di Liga 1 menjadi 5 gol bersama Pesut Etam. Shane Smeltz terbilang cukup lama tak menyarangkan bola ke gawang. Hampir 3 bulan setelah laga melawan Madura United, Shane Smeltz tak pernah lagi mencetak gol.


Dengan status sebagai pemain timnas New Zealand dan eks pemain yang tampil di Piala Dunia 2010 , Shane Smeltz diharapkan mampu membawa Borneo FC Samarinda bersaing di papan atas.


Faktor sempat dibekap cedera membuat pemain berusia 36 tahun ini sulit menemukan performa terbaiknya. Tercatat hingga saat ini Shane Smeltz baru memainkan 15 laga dari total 24 pertandingan Borneo FC. Seperti diketahui, Shane Smeltz beberapa kali menepi akibat cedera. Hal itu memaksanya tak merumput beberapa waktu bersama Pesut Etam. Selain itu, Shane Smeltz juga kerap dipanggil negaranya Selandia Baru saat laga internasional.


Namun di tangan Iwan Setiawan, Shane Smeltz kembali mendapat kepercayaan tampil sejak menit awal. Pemain bernomor punggung 10 itu seperti tak menyiakan kesempatan yang diberikan pelatih. Terbukti dalam dua laga terakhir, Shane Smeltz selalu menyumbangkan gol untuk Borneo FC.


Gol tersebut diciptakannya saat kalah melawan Bhayangkara FC dan menjadi penentu kemenangan Derby Kaltim melawan Persiba Balikpapan. "Sangat senang bisa kembali mencetak gol. Kita harus terus berjuang," ucap Smeltz usai laga melawan Persiba.


Tak mau ketinggalan, Iwan Setiawan membeberkan resep sukses membangkitkan gairah Smeltz mencetak gol. Menurut Iwan ia selalu menerapkan pendekatan face to face ke pemainnya demi menanamkan kepercayaan diri.


"Saya melakukan Pendekatan face to face. Saya bilang ke Smeltz, saya tahu kau pemain hebat dan pemain dunia di level tinggi. Tim ini butuh kau. Kau harus bisa berbuat lebih untuk tim ini. Jadi itu yang memotivasi dia," katanya.


Selanjutnya kontribusi Shane Smeltz di laga-laga penting Borneo FC masih akan berlanjut. Pasalnya Pesut Etam masih harus melawan tim berat, Barito Putra, PSM Makassar, Madura United, dan Persib Bandung. (DMZ/KOK)