Kemenangan 1-0 saat bersua Persipura Jayapura pada laga lanjutan Grup 3 Liga 1 U-19 di Stadion Mandala Jayapura, Senin (25/9) lalu, menjadi modal berharga bagi skuad Pesut Etam Junior saat ditantang Beruang Madu, Persiba Balikpapan U-19, Jumat (29/9) sore ini di Stadion Segiri Samarinda.


Hal itu diungkapkan pelatih kepala Borneo FC U-19 Ricky Nelson dihadapan awak media sehari jelang laga. “Kami bersyukur pertama karena sudah mampu meraih poin penuh di Papua, itu sangat penting sekali sebagai modal kami dipertandingan berikutnya,” bebernya.


Ia pun telah menyiapkan komposisi terbaik saat menjamu Persiba Balikpapan U-19. Meski dihantui kelelahan yang dahsyat, Ricky tak ingin ambil pusing. Merotasi skuadnya adalah salah satu cara yang akan ia tempuh.


“Kami akan melakukan rotasi pemain, dikarenakan kami sangat kelelahan parah melanda pemain kami, karena kami 17 jam dalam perjalan dari Jayapura ke Samarinda. Sehingga rotasi kami harus lakukan, supaya ketika lawan Persiba kita target tiga poin, sehingga kita bisa jadi juara grup,” urai pelatih yang mampu menghantarkan Borneo FC lolos ke babak final Piala Presiden 2017 itu.


Target memetik poin penuh atas tim tamu memang beralasan. Selain dibalut gengsi daerah, tambahan poin tiga ini membuat skuad Pesut Etam Junior memastikan diri sebagai juara Grup 3 Liga 1 U-19.


Seperti diketahui, saat ini Borneo FC U-19 mengoleksi 17 poin hasil lima kali menang dua kali imbang, tanpa sekalipun menderita kekalahan. Jika sukses mengalahkan Persiba Balikpapan U-19, Borneo FC U-19 memiliki poin 20. Dengan menyisakan tiga laga sisa, torehan tersebut akan sulit dikejar pesaing terdekatnya, Mitra Kukar U-19 yang saat ini mengoleksi 11 poin.


Terlebih saat ini, sejumlah pemain inti yang absen dipastikan bisa tampil. Diantaranya Habibi yang baru keluar dari rumah sakit. “Ya, masuknya Habibi akan menambah daya serang kita untuk sisi kanan. Dan juga ada Hanif di gelandang yang bisa mengantikan pemain yang kelelahan. Saya bersyukur komposisi kami merata, jadi nggak terlalu masalah. Jadi saya tetap target bisa menang, karena ini bagus sekali untuk menjaga mental pemain, serta menjaga juga kepercayaan kita lawan Kaltim ya harus menang,” terang Ricky Nelson.


Disinggung perihal kekuatan Persiba Balikpapan U-19, pelatih berlisensi A AFC itu tak segan memuji kekuatan lawan. Ia menilai Persiba tim bagus secara individual. Di matanya, Persiba memiliki postur tinggi besar. Dan beberapa pemain memiliki pengalaman, karena diisi mantan pemain timnas U-16. “Semua mereka berbahaya. Mereka memiliki penyerang yang bagus, sayap mereka juga penetrasinya juga cukup bagus, semua kita waspadai,” tambahnya.


"Tapi saya cukup kenal mereka karena beberapa dari Jakarta. Yang jelas Persiba tim bagus, jadi nggak gampang juga lawan mereka. Tapi saya senang karena mereka sangat fair nggak mau main bertahan, mereka akan menyerang, jadi ini akan pertandingan seru,” pungkas Ricky Nelson (**)