Selalu mencetak gol di dua laga terakhir, striker Borneo FC Samarinda Shane Smeltz masuk radar starter menantang Barito Putera di Stadion 17 Mei, sore ini (1/10). Membobol gawang Laskar Antasari jadi misi ketiga meneruskan tren positif.


Menciptakan gol semata wayang ke Persiba Balikpapan (25/9), Smeltz mulai tampak haus gol. Kepercayaan lebih yang diberikan tim pelatih turut membuatnya makin nyetel dengan lini tengah.


"Smeltz punya kemampuan baca arah bola yang bagus. Penyelesaian akhirnya juga tenang sehingga sulit kiper lawan baca arah bola," ucap Ahmad Amiruddin, asisten pelatih Borneo FC Samarinda.


Salah satu kerja keras Smeltz terlihat kontra Persiba. Berduet dengan Lerby Eliandry, keduanya tampak cocok melakukan kombinasi serangan. Staminanya juga teruji dengan tampil penuh.


Meski mencetak gol di dua laga terakhir, tim pelatih enggan memberikan beban berlebih pada Smeltz. Pemain berstatus marquee player itu cukup diingatkan untuk tenang dalam menorehkan peluang.


"Cukup selaraskan dengan misi tim saja. Cari celah untuk manfaatkan peluang secara maksimal. Tapi kalau berambisi cetak gol juga tidak masalah. Itu sudah tugas wajib sebagai striker," jelas Amir, sapaannya.


Terpisah, Smeltz yang tengah mendapat sorotan mencoba lebih rileks. Baginya, mencetak gol atau tidak urusan belakang. Sebab, lebih penting ialah memberikan poin bagi tim.


"Saya bisa cetak banyak gol tapi kalau hasilnya kalah juga percuma. Mungkin kami harus tampil lebih baik saja dibanding sebelumnya," pungkas Smeltz. (ABI/KOK)