Demam Piala Dunia 2014 lagi melanda seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di Indonesia, event sepak bola akbar empat tahunan yang kini sedang berlangsung di Brazil itu sudah mulai memakan korban, Inggris dan Spanyol contohnya, dua negara sepak bola itu harus mengubur mimpi mereka merenguh trofi Piala Dunia karena harus tersingkir di babak penyisihan grup.


Soal siapa yang bakal menjadi juara edisi Piala Dunia kali ini, pelatih Pusamania Borneo FC (PBFC), Iwan Setiawan, punya jawabannya. "Saya prediksikan Jerman," kata Iwan optimis.


Menurut pelatih berlisensi A AFC itu, alasan dirinya memilih Jerman sebagai kandidat utama juara karena Jerman diungkapkannya memiliki mental bertanding yang kuat, apalagi para pemain yang dipercaya membela negara mereka akan memiliki motivasi ganda saat diatas lapangan. "Sepakbola Jerman tak hanya sekedar tentang sepakbola, mereka juga tanamakan psikologi kenegaraan," sahut Iwan.


Jerman sendiri sudah tiga kali menjadi juara Piala Dunia, terakhir mereka mengangkat piala berlapis emas tersebut terjadi pada 1990 di Italia, saat itu mereka masih bernama Jerman Barat.


Ditanya tentang calon lawan yang bakal bertemu Jerman di babak final nanti, Iwan memprediksi tuan rumah Brazil bisa saja menjadi pesaing selain Belanda. "Tapi kans lebih besar akan lebih terbuka bagi Jerman juara untuk keempat kali jika di final bertemu dengan Belanda, bukan dengan Brazil," tuturnya mengakhiri. (Pace)