Laga melawan PSM Makassar sudah di depan mata, persiapan Borneo FC pun terlihat makin serius. Latihan kemarin sore terlihat sudah masuk pada sesi taktikal dan mempertajam skema bermain. Terlihat klub berjuluk Pesut Etam ini ingin bermain dengan tempo tinggi.


Jika melihat latihan sore kemarin, Borneo FC berlatih simulasi game dengan permainan dengan cepat dan selalu mendorong bola ke depan.


Sirkulasi bola dari pertahanan ke depan diminta dilakukan dengan cepat dan tepat. Para pemain pun diminta untuk tidak lama-lama memegang bola sedangkan para pemain sayap dan full back diminta terus bergerak.


Asisten Pelatih Ahmad Amiruddin berulang kali berteriak untuk memberikan arahan kepada anak asuhnya. Pemain depan pun diminta untuk terus bergerak dan membuka ruang agar pemain tengah bisa memberikan umpan matang. “Prioritaskan bola ke depan. Jangan lama-lama dengan bola,” teriak Amir di tengah lapangan.


Dari penerapan latihan sore kemarin, sangat terlihat jika staf pelatih meminta Yamashita Kunihiro dan kawan-kawan harus bisa bermain dengan tempo tinggi. Mungkin hal ini pula dianggap menjadi senjata ampuh untuk meredam permainan tim papan atas, PSM Makassar.


Sedangkan ketika menggalang pertahanan, skuad Borneo FC akan menerapkan zona marking. Pressing ketat baru dilakukan ketika pemain lawan memegang bola pada wilayah tertentu. Selanjutnya, ketika bola berhasil direbut baru para pemain diminta untuk membuka ruang dan membangun serangan dengan cepat. “Semua skema akan kami coba, yang jelas kami ingin tim bisa lebih siap pada laga nanti,” kilah Amir yang enggan membuka strategi timnya.


Selain itu, penggawa Pesut Etam juga dilatih melakukan tendangan ke arah gawang. Diasahnya ketajaman seluruh pemain dari berbagai peluang yang ada menandakan jika Borneo FC menginginkan hasil maksimal menghadapi PSM Makassar. “Kami harus bermain efektif saat lawan PSM, sebab kualitas lawan sangat bagus kali ini,” sebutnya.


Diketahui, tim asal Sulawesi Selatan ini sedang berada di papan atas dengan performa yang moncer tahun ini. Bahkan PSM Makassar berupaya merebut poin di Stadion Segiri, Minggu sore, agar terus menempel pemuncak klasemen sementara. Permainan Juku Eja kini memang berubah drastis setelah diracik Robert Rene Alberts. Penguasaan bola dan membangun serangan yang rapi kerap diperlihatkan dalam tiap laga. (HFZ/KOK)