Meski berstatus laga persahabatan, Borneo FC U-19 kontra Timnas Thailand U-19 dipastikan bakal berjalan seru. Pasalnya, kedua kubu dipastikan akan saling adu memenangkan laga yang digelar Rabu (11/10) malam ini di Stadion Segiri.


Diketahui, Thailand U-19 adalah jawara AFF U-19 di Myanmar September lalu, hanya saja kini tim dari Negara Gajah Putih itu sudah tampil dengan wajah berbeda. Mendatangkan pelatih dari Spanyol, Marc Alavedra Palacios yang diminta untuk menularkan gaya bermain umpan pendek tiki-taka.


Marc pun diberi wewenang bebas untuk memilih pemain, maka kini wajah Elephant Warriors pun banyak berubah. Ia lebih memilih pemain yang memiliki kecepatan tinggi dan stamina yang bagus. Maka seleksi pun digelar, salah satunya dengan lawatan ke Indonesia kali ini, termasuk di Samarinda ini.


Ia pun memastikan saat melawan Borneo FC U-19 bakal menerapkan gaya dan skema tiki-taka khas juara Piala Dunia 2010 lalu. Bahkan meski hanya uji coba Marc tetap akan meminta anak asuhnya bermain all out. “Kami datang ke sini memang untuk seleksi pemain di AFC U-19 nanti. Tapi saya ingin melihat semua potensi pemain Thailand,” ucap Marc .


Pelatih berdarah Catalan ini menyebut dirinya akan terus mencoba taktik dan skema yang diinginkannya dan berharap bisa dijalankan anak asuhnya. Bahkan ia juga akan memainkan pemain naturalisasi Thailand, Robin Holm di pos sayap kiri. “Dia blasteran Swedia-Thailand dan punya potensi untuk jadi pemain bagus. Saya akan terus kembangkan,” tuturnya.


Maka sudah barang tentu laga malam ini bagi anak asuh Marc Alavedra Palacios bukanlah laga persahabatan biasa. Tiap pemain secara individual maupun secara tim akan menunjukkan permainan terbaiknya. “Karena tim ini baru maka kami perlu banyak uji tanding. Saya pun ingin mereka bisa main dengan performa maksimal,” bebernya.


Pada latihan resmi Selasa sore, Marc Alavedra terlihat terus mematangkan persiapan. "Praktik hari ini berjalan dengan baik. Para pemain mulai memahami gaya bermain dan taktik saya. Sekarang mereka bisa melakukan peta yang saya cantumkan. Saya tahu pemain ini adalah pemain baru hampir seluruh tim. Tapi pertandingan besok akan menentukan berapa banyak pemain yang akan mengikuti rencananya. Tim Borneo mungkin tidak sekuat timnas Indonesia. Tapi kita tidak akan meremehkan mereka. Kita harus berusaha meraih bola sebanyak mungkin. Guna membuat game terobosan dan memotong peluang mereka (Borneo FC)," pungkasnya. (HFZ)