Hadirnya Pusamania Borneo FC (PBFC) saat ini tak hanya bermodal rupiah berlimpah, namun sikap loyal jajaran orang didalam tubuh klub berjuluk Pesut Etam itu membuat citra tim anyar ini semakin hari semakin meningkat tajam. Bahkan, bicara populoritas, kini PBFC tak lagi dipandang sebelah mata. Publik sepakbola Samarinda kini membagi perhatian mereka kepada klub yang bermimpi ke kasta Asia ini.


Manajemen PBFC pun sadar akan hal itu, mereka berusaha keras untuk terus meningkatkan citra. Promo sekaligus wadah brand tim pun dibuatkan wadah khusus, tim kreatif ini dipercayakan kepada PusamCyber dibawah naungan marketing PBFC.


Kepala Divisi Media Pusamania, Fachrul Bachri Pratama mencontohkan, sesi foto yang mereka lakukan beberapa waktu lalu saat tim pertama kali muncul di Liga Indonesia mendapatkan tanggapan positif. "Karena banyak klub di Indonesia bicara profesional, tapi mereka jarang-jarang ada sesi foto profesional yang mereka lakukan. Dan kami sudah terapkan itu musim ini, dan inilah yang ingin kami endorse ke masyarakat, bahwa kemasan jadi faktor utama di era industri sepakbola sat ini," ujar pria yang akrab di sapa Arul itu.


Nabil menimpal pernyataan Fachrul, menurutnya ini adalah langkah konkret menjadikan klub tersebut sebagai tim yang benar-benar profesional. "Kami ingin bicara profesional sesungguhnya, tidak hanya berakhir dibibir, dimana packaging dan image mnejadi hal penting. Saya harap ini bisa memacu klub lainnya di Indonesia, terutama di Samarinda. PBFC sendiri pun terus berpacu dengan hal seperti ini agar kami selalu menampilkan yang terbaik diatas lapangan maupun saat tak bertanding," tuturnya.


Cara nge-branding tim kratif PBFC juga tak hanya dilakukan didunia nyata, di dunia maya pun mereka siang malam melakukan tugas menyebarkan informasi kepada pendukung. Hal itu seperti yang terlihat di twitter resmi mereka, @PusamaniaID. Selain itu mereka juga memiliki akun social media lengkap seperti, line, path, vine, instagram, BBM channel, youtube channel serta fanpage fb.


"Kami juga punya dua website, satu untuk suporter yakni www.pusamania.org dan satu lagi untuk khusus berita tim yaitu www.pusamaniafc.com, selain itu Pusamania TV yang saat ini masih sekedar di youtube kedepannya ada rencana untuk bisa tersiar melalui saluran tv kabel," tutup Arul. (akm/pace)