Pusamania Borneo FC (PBFC) mengawali training centre hari pertamanya di Kota Batu, Malang, Selasa (1/7) sore. Tak nampak ada pemain yang absen di hari pertama TC, semua punggawa Pesut Etam telah bergabung. Mengambil Stadion Brantas sebagai venue latihan, skuad besutan Iwan Setiawan akan menjalani TC selama 20 hari.


Di hari pertama TC, tim pelatih hanya memberikan porsi latihan ringan. Selain untuk mengembalikan fisik pemain yang sempat libur satu minggu, juga karena sebagian besar pemain sedang puasa.


"Pemain hanya kita beri latihan ringan di hari pertama. Selanjutnya kita akan masuk ke program yang sudah disiapkan dan tentunya akan sedikit lebih berat dibanding hari pertama," tutur Iwan.


Walaupun sedang menjalani ibadah puasa, para punggawa PBFC tampak semangat melahap menu latihan dari tim pelatih. Dinginnya cuaca di Kota Batu sedikit banyak juga mempengaruhi performa mereka. Pemain tidak cepat kelelahan walaupun sedang berpuasa.


"Kita pilih TC di sini karena cuacanya cocok untuk melatih fisik pemain. Di samping itu kita juga mudah mencari lawan untuk sparing," ungkap Nabiel Husein owner PBFC yang juga hadir langsung di Kota Batu.


Selama TC, Pusamana Borneo FC dijadwalkan akan melakukan beberapa kali ujicoba. Di antaranya menghadapi tim ISL di Jawa Timur seperti Gresik United, Arema Cronus, dan Persela Lamongan. Kontestan Divisi I, Persikoba Kota Batu juga turut masuk list sebagai lawan tanding Pesut Etam. (Zezen)