Bulan Ramadhan tahun ini menjadi bulan yang paling ditunggu legiun asing Pusamania Borneo FC (PBFC), Danilo Fernando. Kapten Pesut Etam itu selalu antusias jika memasuki bulan penuh berkah bagi umat islam itu. Berbagai macam ibadah dibulan Ramadhan, satu persatu dijalankannya. Laiknya seorang muslim, Danilo juga menjalankan ibadah sholat lima waktu, sholat terawih berjamaah dan berpuasa.


Diungkapkannya, kebiasaan ini sudah dirinya jalani sejak memutuskan menjadi mualaf pada tahun 2008 lalu. "Dari pertama kali menjadi muslim, aku selalu puasa. Tidak ada yang bolong. Aku suka dengan hal ini, aku sudah terbiasa kok," ujar Danilo disela-sela latihan PBFC di Stadion Gelora Brantas, kota Batu.


Bahkan, ditengah intensitas latihan yang tinggi dari pelatih Iwan Setiawan dalam training center PBFC, suami dari Ayu Sartika (eks manager Deltras Sidoarjo) itu tetap terlihat bersemangat. Menurutnya, ibadah puasa yang dijalaninya sama sekali tak menganggu kegiatannya sebagai pesepakbola.


"Justru disini kita sebagai pemain dituntut agar bisa menjaga daya tahan tubuh tetap fit. Artinya ibadah jalan, latihan juga jalan. Aku juga kalau sempat mungkin bakal buka puasa bersama dengan anak yatim, " sahut Danilo menambahkan. (Zezen)