Dinginnya cuaca Kota Batu di malam hari yang mencapai suhu 15 derajat celcius kembali menjadi tantangan bagi penggawa Pusamania Borneo FC (PBFC). Fokus latihan Jumat malam tetap pada uji fisik pemain. Suhu dingin membuat pemain sedikit ngos-ngosan melahap latihan fisik yang disajikan tim pelatih karena oksigen yang tipis di kawasan dataran tinggi ini.


Ketika ditanya mengenai program latihan TC di hari ke empat ini, coach Iwan Setiawan secara gamblang memaparkannya. "Menu malam ini fisik, sedikit saya combine dengan football conditioning. Dimana penekanan fisik harus dengan bola. Lari kosong, main sebagai tim, juga penekanan dalam hal taktikal," tutur Iwan.


Latihan fisik ini dipersiapkan tim pelatih karena saat kompetisi kembali bergulir awal Agustus nanti, Pesut Etam langsung melakoni dua laga away ke Martapura dan Palangkaraya. "Saya berharap latihan ini berdampak positif terhadap kondisi fisik pemain. Karena dari empat laga sisa, tiga diantaranya kita akan main away. Laga away menuntut pemain harus dengan kondisi fisik yang prima," tambah Iwan.


Menu latihan fisik biasanya rawan akan cedera yang mungkin didapat pemain. Namun coach Iwan meyakinkan bahwa program yang dibuatnya ini sudah dalam batas wajar dan standar sepakbola level atas. "Semuanya sudah diperhitungkan, nantinya pemain akan merasakan hasil dari latihan yang diberikan. Ini tuntutan sepakbola top level," Iwan mengakhiri. (Zezen)